Garda Bangsa Akan Somasi EO dan Hotel Terkait Muktamar Tandingan PKB

JAKARTA, virprom.com – Partai Rashtriya Jagran (PKB) cabang menyatakan siap mengambil jalur hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam rencana pelaksanaan konferensi tandingan yang dicanangkan Rashtriya Jagran Yuva Andolan (Garda). Oleh PKB. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Rodley Kailani, Sekretaris Jenderal Garda Nasional, menegaskan bahwa konferensi balasan ini adalah tindakan konyol.

“Bisa jadi kami tidak segan-segan mengeluarkan surat panggilan kepada EO (event organizer) atau bahkan pihak hotel yang melakukan kegiatan atas nama Kongres,” kata Rodley di kantor DPP PKB, Sabtu (31/08). /2024).

Baca Juga: Oposisi Kongres Saingan Tommy Kurniawan Sebut PKB Garda Nasional Siap Perang

Tommy Kurniawan, Panglima Garda Nasional, mengatakan Kongres VI sah. Yakni Kongres PKB yang diselenggarakan di Bali pada 24-25 Agustus, dimana Muhaimin Iskandar terpilih kembali menjadi Ketua Umum secara aklamasi.

“Kami kader Garda Nasional se-Indonesia mengecam keras dan tidak segan-segan membubarkan paksa jika ada pihak yang ingin mengadakan muktamar tandingan atau mengganggu Partai Kebangkitan Bangsa,” kata Tommy.

Sebelumnya diberitakan bahwa VI. Di tengah Kongres PKB, banyak pendukung PBNU yang merencanakan acara tandingan di Jakarta pada 2-3 September.

Mereka mengaku sebagai pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB setelah mendapat amanah dari puluhan Dewan Pengurus Daerah (DPW) dan ratusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB.

Menurut kubu PBNU, ada 315 pengurus cabang yang mendukung muktamar tandingan yang digelar pada 2-3 September itu.

Mantan Sekjen PKB Luqman Eddy mengatakan dukungan ini datang dari 168 pengurus cabang yang dipecat Muhaimin sebelum Kongres Bali, serta cabang yang menyetujui konsepnya mengembalikan PKB ke Khitah pada tahun 1998.

Baca Juga: PKB PBNU Ingin Rival Conference, Tuntut Dukungan dari 315 Cabang

Cabang-cabang lain yang benar-benar berkomitmen dan menyatakan setuju dengan konsep tersebut, Khitah setuju dengan PKB hingga tahun 1998, kata Lukman saat ditemui wartawan di gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). , Jakarta, Selasa (27/08/2024).

Total kekuatan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB sebanyak 514 orang. Artinya, jumlah DPC yang memberikan dukungan lebih dari setengahnya.

Luqman menilai Kongres Bali cacat prosedur dan melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PKB. Ia juga berencana mengadakan konvensi tandingan sesuai konstitusi partai.

Baca juga: Pendukung PBNU Gelar Kongres Saingan PKB di Jakarta, Kabarnya Didukung Ratusan DPC

Dengan dukungan PBNU yang melahirkan PKB, pihaknya mengembalikan PKB pada AD/ART pertama.

“Tadi saya katakan, kepemimpinan Cak Imin bersifat sentralistik. Kepemimpinan Cak Imin melanggar semangat pembentukan PKB, di mana kekuasaan Majelis Syuro dikurangi secara signifikan,” ujarnya.

Luqman mendorong pelaksanaan pemilihan presiden universal yang demokratis di Kongres saingannya ini.

Baca Juga: Eks Sekjen PKB Kunjungi Kemenkum HAM, Permintaan Hasil Kongres Bali, Kubu Kak Emin Tak Disetujui

Ia juga mengungkapkan, Kongres saingannya telah mengajukan beberapa calon potensial untuk jabatan Ketua Umum seperti Khofifah Inder Parwansa, Saifullah Yusuf, Yeni Wahid, dan Yakut Cholil Koumas.

Sedangkan kemungkinan dari kubu Muhaimin adalah Hanif Dhakiri, Jazilul Fawaid, Ida Fauzia, Abdul Halim Iskandar dan lain-lain.

“Banyak pekerja NU dan PKB yang berkualitas, pekerja NU dan PKB yang mumpuni dan terbukti selama ini peran kepemimpinannya,” kata Luqman.

Bersama kuasa hukum Lukman Eddy dan Wakil Ketua DPW PKB Aceh Amrizal, Suprataman juga mengirimkan surat kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andy Agtas, memintanya untuk tidak menyetujui perintah eksekutif PKB dari Kongres Bali kecuali ada konflik internal. telah diselesaikan atau keputusan hukum yang final telah diambil. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top