Penyebab Sakit Diabetes Bikin Tubuh Gampang Lelah

virprom.com – Jika Anda menderita diabetes dan selalu merasa lelah, diabetes tipe 2 mungkin menjadi penyebab utamanya.

Tingginya kadar gula darah yang dialami penderita diabetes mengganggu kemampuan tubuh memperoleh energi dari makanan yang dimakannya.

“Glukosa merupakan sumber energi utama bagi setiap sel tubuh, terutama otak. Pada diabetes tipe 2, kadar glukosa tinggi tetapi tidak dapat masuk ke dalam sel. Artinya, sel tidak mempunyai cukup energi untuk berfungsi. tubuh menjadi lelah,” kata ahli endokrinologi Deena Adimoolam.

Ada juga penyebab lainnya. Banyak penderita diabetes yang memiliki kelainan medis lain selain obat-obatan (untuk menjaga gula darah atau kondisi lain) yang memiliki efek samping yang membuat mereka mudah lelah.

Selain gula darah tinggi menyebabkan kelelahan, gula darah rendah (hipoglikemia), efek samping obat diabetes, juga menyebabkan kelelahan dan kantuk.

Baca selengkapnya: Apakah Anda lelah saat bangun di pagi hari? Ini mungkin alasannya…

“Kelelahan pada diabetes tipe 2 seringkali dipengaruhi oleh berbagai faktor etiologi,” kata Adimoolam.

Penatalaksanaan diabetes secara rutin dapat melelahkan bagi pasien, mulai dari memantau kadar gula darah, mengonsumsi obat, hingga mengatur pola makan.

Diabetes juga dapat mengganggu tidur. Misalnya, jika Anda sering buang air kecil pada malam hari, berarti Anda harus bolak-balik ke kamar mandi.

Mengatasi kelelahan

Untuk mengurangi kelelahan dan gejala serta komplikasi lainnya, penting untuk mengikuti saran dokter untuk membantu Anda mengendalikan diabetes, termasuk membuat pilihan gaya hidup sehat.

Pola hidup sehat, termasuk rutin berolahraga setiap hari, minum cukup air, dan rutin minum obat, cenderung membuat Anda lebih sehat.

Pastikan juga Anda mendapatkan tidur yang cukup di malam hari agar tubuh memiliki lebih banyak energi. Penderita diabetes rentan mengalami perasaan cemas sehingga kesehatan mentalnya juga harus diperhatikan.

Jika Anda merasa sangat lelah di sela-sela kunjungan rutin ke dokter dan kondisi Anda sepertinya tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan dini.

Baca juga: Cegah Kebutaan Akibat Komplikasi Diabetes Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top