Apa Saja Khasiat Kayu Manis? Ini 10 Daftarnya…

virprom.com – Kayu Manis (Cinnamomum zeylacium) merupakan salah satu rempah yang berasal dari kulit pohon dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kayu manis telah dipelajari khasiatnya sebagai obat alami untuk beberapa kondisi seperti gula darah, kolesterol dan peradangan.

Lanjutkan membaca artikel ini yang membahas lebih lanjut tentang manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Apakah Kayu Manis Bisa Menjadi Obat Alami Penurun Gula Darah? Apa manfaat kayu manis?

Mengonsumsi rempah-rempah yang mengandung kulit pohon ini menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan, antara lain: melawan peradangan

Menurut Healthline, peradangan sebenarnya merupakan respons normal tubuh terhadap infeksi untuk memperbaiki kerusakan jaringan.

Namun peradangan jangka panjang (kronis) menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Antioksidan dalam kayu manis berperan memberikan manfaat tersebut. Kayu manis mengandung banyak polifenol, antioksidan yang sangat kuat.

Faktanya, efek antioksidan kayu manis sangat kuat sehingga bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Baca Juga: 8 Obat Alami Untuk Kesehatan Mata Termasuk Wortel Dan Telur Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Khasiat kayu manis lainnya yang berharga adalah dapat mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi beberapa faktor risiko.

Sebuah tinjauan ilmiah menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 1,5 gram kayu manis per hari dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan kadar gula darah pada penderita penyakit metabolik.

Kayu manis juga terbukti menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi terus menerus setidaknya selama delapan minggu. Meningkatkan sensitivitas insulin

Insulin merupakan hormon yang membantu menurunkan gula darah dengan cara mengangkutnya ke dalam sel-sel tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai energi.

Namun, penderita diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik dapat mengalami resistensi insulin, yaitu sel-sel tubuh tidak merespons insulin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mempunyai khasiat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi resistensi.

Dengan kata lain, kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Baca Juga: Apakah Kayu Manis Baik untuk Diabetes?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top