Bawaslu Minta Jajaran Antisipasi Potensi Keberpihakan Kepala Desa pada Pilkada 2024

MEDAN, virprom.com – Badan Pengawasan Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bavaslu) mengingatkan jajarannya akan potensi kerawanan pada Pilkada Serentak 2024. Salah satu yang bisa diprediksi adalah netralitas desa sebagai pemimpin dalam proses pilkada.

Anggota Bawaslu RI Puadi menegaskan, pihaknya telah menginstruksikan perangkat daerah untuk mengumpulkan para tetua desa di setiap kabupaten dan kota untuk menyampaikan netralitas.

Baca Juga: Bawaslu Cari Orang dari PPS, PKH untuk Dukung Calon di Pilkada Bangkalan

Hal itu diungkapkan Anggota Bawaslu RI Puadi saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) se-Sumut di Medan, Kamis (29/08/2024).

“Kami anggota Bawaslu RI sudah menyampaikan kepada pasukan kami di tingkat provinsi untuk mengumpulkan para tetua desa di setiap kabupaten dan kota untuk mengingat dan mengaitkan dengan sosialisasi yang dilakukan pasukan kami untuk menyampaikan keterhubungannya dengan netralitas,” ujarnya. Teruskan. kinerjanya.

Selain itu, Puadi berulang kali menyinggung potensi pelanggaran seperti kebijakan moneter, abstinensi, dan jumlah pemilih. Ia juga mewanti-wanti kemungkinan adanya pemalsuan dokumen pengangkatan atau berkas kepala daerah.

Puadi meminta aparat Bawaslu dan Gakumdu Pusat fokus memantau dan mengantisipasi kemungkinan pelanggaran di setiap tahapan pilkada.

“Ada beberapa kemungkinan kaitan dengan pemalsuan dokumen, terutama yang dibuat oleh pasangan calon,” ujarnya.

Baca juga: Bavaslu Pastikan Implementasi Putusan Mahkamah Konstitusi tentang Pilkada

Bawaslu juga membuat dan mensosialisasikan klinik penegakan hukum serta memperhatikan peraturan mengenai penanganan pelanggaran ringan.

Menurut Puad, Bawaslu telah melakukan harmonisasi peraturan, termasuk pembahasan di rapat DPR terkait perubahan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2020. Kami berharap perubahan tersebut segera dilaksanakan.

Selain itu, Puadi mengimbau Bawaslu terus menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan milik pusat Gakumdu. Ia berharap Balai Gakumdu tidak hanya berperan dalam mendeteksi pelanggaran, tetapi juga aktif dalam pencegahan kejahatan di setiap tahapan pemilu provinsi. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top