Belanda Larang Murid SD dan Sekolah Menengah Pakai Ponsel di Kelas

Penulis: DW Indonesia

AMSTERDAM, virprom.com – Saat siswa kembali ke sekolah dasar di Belanda, larangan baru terhadap perangkat pintar di sekolah akan mulai berlaku.

Mulai Januari 2024, larangan penjualan ponsel, jam tangan pintar, dan tablet diberlakukan di sekolah menengah. Larangan itu sekarang berlaku untuk semua sekolah di negara tersebut.

“Buktinya adalah ponsel berbahaya di ruang kelas. Siswa kurang mampu berkonsentrasi dan pekerjaan mereka terganggu. Kita perlu melindungi siswa dari hal ini,” kata pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Karya Seni Tak Sengaja Terlempar ke Museum Belanda

Penggunaan ponsel dan jam tangan pintar di sekolah telah menjadi bahan perdebatan sengit di Belanda selama beberapa waktu.

Para pejabat mengatakan sekolah dapat mengambil keputusan berdasarkan kasus per kasus, sementara beberapa kelompok orang tua melobi untuk melarang penggunaan media sosial karena kekhawatiran akan dampak media sosial terhadap anak-anak.

Baca juga: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut perusahaan Belanda Tulip didenda Rp 31,4 miliar karena ikut serta dalam pembangunan jembatan di Krimea. Belanda dan Indonesia bekerja sama dalam program pertukaran pengetahuan museum

Yunani dan Italia sebelumnya telah melarang penggunaan ponsel di sekolah, dan Jerman sedang mempertimbangkan langkah serupa.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) merekomendasikan agar penggunaan telepon seluler dibatasi di sekolah.

Baca Juga: Kisah Mantan Perdana Menteri Belanda dan Istri yang Meninggal Berdampingan Akibat Eutanasia

Artikel ini tayang di DW Indonesia dengan judul Belanda Larang Ponsel di Sekolah Dasar dan Menengah. Dengarkan berita terkini kami dan pilih langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top