TNI AU Kerahkan Jet Tempur F-16 dari 2 Skuadron untuk Latihan Pitch Black 2024 di Australia

JAKARTA, Kompass.com – TNI Angkatan Udara (IAF) mengerahkan skuadron 8 dan 14 dari Lanud Igwajudi, Jawa Timur hingga Australia untuk latihan multinasional bertajuk “Pitch Black 2024”.

Panglima Operasi Udara Nasional (Pangkopsudnas) Marsekal Teddy Rizalihadi turut meninjau pelatihan pilot pesawat tempur F-16 di Lanud Eswajudi pada Rabu (3/7/2024).

Teddy Pitch menekankan pentingnya Latihan Hitam 2024 untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit TNI AU.

Selain mempererat hubungan bilateral dengan TNI AU Australia, kata Teddy dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AU, Kamis (04/07/2024).

Baca Juga: TNI AU Terima Hibah Perawatan Mesin Pesawat C-130 Hercules AS

Teddy yakin pilot dan kru F-16 Fighting Falcon mampu tampil maksimal pada latihan Pitch Black 2024.

Pitch Black 2024 akan diselenggarakan pada 12 Juli hingga 3 Agustus 2022 di Darwin, Australia.

Beberapa negara di kawasan Asia-Pasifik, antara lain Indonesia, Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina ikut serta dalam latihan tersebut.

Baca Juga: Kunjungi Prancis, KSAU GCI Pertimbangkan Produksi Teknologi Radar untuk Perkuat TNI AU

Sebelumnya, Marsma (Purn) R. Agung Sasongkojati, saat menjabat Kepala Penerangan TNI AU, mengatakan TNI AU akan mengerahkan enam jet tempur F-16 dalam latihan Pitch Black 2024.

Pada 26 Februari 2024, Agung menyampaikan bahwa TNI AU sendiri berencana mengirimkan enam pesawat F-16 dan mengikuti pelatihan penuh selama tiga minggu tersebut.

Menurut Agong, pelatihan akan dibagi menjadi FIT (Force Integration Training) dalam satu tahap dan LFE (Large Force Employment) selama dua minggu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top