Lutut Nyeri dan Sulit Digerakkan, Waspadai Osteoartritis

virprom.com – Nyeri lutut merupakan salah satu tanda rusaknya sendi atau tulang lutut, terutama saat sulit digerakkan saat menggunakannya untuk beraktivitas.

Penyakit ini menyebabkan tulang rawan yang menghubungkan ujung-ujung tulang pada sendi menjadi lemah dan nyeri. Ini terjadi ketika menyebabkan kekakuan dan pembengkakan.

Meskipun osteoartritis sering dikaitkan dengan penuaan, orang dengan cedera lutut seperti ligamen atau robekan meniskus lebih mungkin mengalami osteoartritis di kemudian hari, bahkan ketika mereka masih muda. Faktor risiko lainnya adalah aktivitas fisik yang berat atau tekanan berulang pada lutut.

Apakah nyeri lutut yang Anda alami merupakan penyakit osteoarthritis atau bukan? putuskan apakah dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan rontgen dan MRI diberikan apabila hasil rontgen tidak menunjukkan gambaran yang jelas.

Pengobatan utama osteoartritis lutut adalah mengurangi nyeri dan meningkatkan mobilitas.

Baca juga: Apa Penyebab Lutut Sakit di Malam Hari?

Pengobatan lini pertama adalah penurunan berat badan; Latihan untuk memperkuat otot-otot di sekitar lutut; Obat pereda nyeri, Terapi alternatif seperti akupunktur.

Jika semua terapi tersebut gagal meredakan nyeri atau pasien semakin sulit bergerak, pembedahan mungkin perlu dipertimbangkan. Penggantian lutut.

Dijelaskan Dokter Spesialis Ortopedi Dr.Franky Hartono Sp.OT(K), tidak semua operasi memerlukan penggantian lutut total.

“Saat ini terdapat prosedur pembedahan yang dirancang untuk menggantikan tulang rawan lutut yang rusak, tanpa menghilangkan bantalan lutut dan ligamen yang sehat,” kata Jakarta. Seorang dokter di RS Siloam Kebon Jeruk menjelaskan.

Prosedur ini, yang disebut Uncompartmental Knee Arthroplasty (UKA), dilakukan pada pasien dengan kerusakan pada sendi lutut yang biasanya terbatas pada bagian dalam lutut, seperti pada osteoartritis anteromedial, di mana kalsifikasi terlihat pada hampir 50 persen kasus. Seperti pada kasus kematian sebagian jaringan tulang lutut.

Baca juga: Mengapa Lutut Sakit Saat Diluruskan? 7 alasan mengapa…

Menurut dr Franky, gejala osteoartritis yang memerlukan UKA adalah nyeri lutut terus-menerus yang tidak kunjung membaik dengan pengobatan dan terapi fisik.

Nyeri sering dialami saat beraktivitas seperti berjalan atau berdiri dalam jangka waktu lama, dan sering kali disertai rasa kaku dan bengkak.

Selain rasa sakit, pasien mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Jika gejala ini disertai dengan kerusakan internal pada lutut, UKA mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Selama prosedur UKA, dokter akan mengangkat bagian tulang yang rusak. Implan logam UKA kemudian dipasang pada bantalan plastik steril, dengan tetap mempertahankan aslinya. Struktur ligamen lutut.

“Yang membedakan UKA dengan penggantian lutut total adalah UKA hanya menggantikan satu kompartemen sendi lutut, sedangkan penggantian total menggantikan seluruh permukaan sendi lutut,” jelasnya.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Lutut Berikut 5 kebiasaan yang harus dihindari.

Karena struktur ligamen pada UKA masih utuh, efek pergerakan lutut sama dengan efek sendi alami. Keuntungan lain dari operasi ini adalah pemulihannya secara umum lebih cepat. Mengikuti terapi fisik dan instruksi rehabilitasi secara teratur akan membantu memastikan pemulihan yang optimal.

Sejak tahun 2015, Dr. Franky dan tim di RS Siloam Kebon Jeruk telah menangani lebih dari 250 kasus UKA.

Prosedur UKA menggunakan desain implan yang berasal dari Oxford, Inggris, yang memiliki tingkat kelangsungan hidup 20 tahun sebesar 91 persen. Implan UKA Oxford terkenal dengan desain inovatif dan kemampuannya meniru gerakan alami lutut. Dengarkan berita bagus dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top