Wapres Ma’ruf: Konstitusi Baru Dipahami Kelompok Menengah ke Atas, Generasi Muda Kurang Peduli

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan masyarakat kelas menengah atas memahami konstitusi baru.

Hal itu disampaikan Ma’ruf usai menghadiri Hari Peringatan Konstitusi Nasional yang digelar MPR RI.

Menurut Maruf, masyarakat bawah dan generasi muda tidak tertarik dengan konstitusi.

“Konstitusi ini hanya dipahami oleh kalangan menengah atas, menengah bawah, dan banyak generasi muda yang tidak mempedulikannya,” kata Ma’ruf saat ditemui awak media di Gedung Nusantara IV DPRD Jakarta. kompleks. Minggu (18.08.2024).

Baca juga: Wapres Maruf Minta Pilkada Serentak Dilaksanakan, Tegakkan Konstitusi dan Tegas Lawan Kecurangan

Ma’ruf berharap MPR ke depannya bisa mencapai lebih dari empat pilar dan literasi konstitusi.

Di bawah kepemimpinannya, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga meminta MPR “mengesahkan” konstitusi dan memperkuat budaya ketatanegaraan dalam kehidupan bernegara.

“Konstitusi memberikan landasan yang kokoh untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Maruf.

Ma’ruf juga berpesan agar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menjadi pedoman pemerintah untuk menjamin perlindungan hak asasi manusia (HAM) dan hak warga negara.

Baca Juga: Wapres Maruf Sebut Amandemen UUD 1945 Tidak Haram

Menurutnya, konstitusi menduduki hierarki tertinggi dalam peraturan hukum, yang berfungsi menjaga nilai-nilai hukum, keadilan, kebebasan, dan kesetaraan dalam penyelenggaraan demokrasi.

Sejak kemerdekaan diproklamirkan pada tahun 1945, kata Maruf, Indonesia telah melalui banyak cobaan dalam penerapan konstitusi.

Ujiannya antara lain ketaatan dan ketaatan terhadap konstitusi. Karena itu, dia mengingatkan semua pihak untuk menjaga konstitusi.

“Pada saat yang sama, kami memastikan konstitusi kita tetap responsif dalam menghadapi dinamika sosial, politik, dan ekonomi,” kata Ma’ruf. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top