Jokowi Akan Resmikan Smelter Tembaga di NTB dan Gresik Hari Ini

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo terbang ke Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini (23/9/2024) untuk kunjungan kerja.

Penerbangan Kepresidenan 1 yang membawa kepala negara dan rombongan lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta sekitar pukul 07.30 WIB.

Presiden Jokowi akan meninjau dan membuka pabrik pemurnian tembaga dan pengolahan logam mulia PT Amman Mineral Internasional Tbk, kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusufusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri Peresmian Kilang Gratis di Gresik Hari Ini

Kilang tersebut berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan kapasitas 900.000 ton per tahun (tpa).

Kilang tersebut nantinya akan mengolah konsentrat tembaga dari tambang Batu Hijau dan tambang Elang.

Usai meresmikan kilang di NTB, Jokowi akan berangkat ke Gresik, Jawa Timur untuk menghadiri upacara pembukaan pabrik PT Freeport Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bawa Senjatanya ke HUT TNI, Kaget Lihat Banyaknya Alutsista Buatan Dalam Negeri

Kilang tersebut resmi beroperasi pada Kamis (27/6/2024) di Zona Ekonomi Khusus (KEK) Yunani dan disebut-sebut sebagai kilang single-line terbesar di dunia.

Pabrik Gresik diharapkan mengolah bahan baku dari tambang Freeport Timika di Papua Tengah dengan kapasitas angkut tahunan 600-650 ribu ton katoda tembaga.

Selain itu, kilang ini akan mengolah produk tembaga yaitu paduan anoda menjadi emas dan perak. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top