9 Monyet Mati Misterius di Kebun Binatang Hong Kong dalam 2 Hari

HONG KONG, virprom.com – Kebun binatang tertua di Hong Kong sedang mencari jawaban atas misteri sembilan monyet, termasuk tiga spesies terancam punah, mati dalam dua hari.

Sebagian Kebun Binatang dan Taman Botani Hong Kong telah ditutup dan didisinfeksi, dan para ahli telah dipanggil untuk melakukan nekropsi dan peracunan, kata pemimpin Hong Kong John Lee dalam konferensi pers mingguan, Selasa (15/10/2024).

Delapan monyet ditemukan mati pada hari Minggu, dan satu lagi mati pada hari Senin setelah menunjukkan perilaku yang tidak biasa. 

Baca Juga: [UNIK GLOBAL] Luis Armando Baru Ditemukan Sejak Penculikan 1951 | Sekelompok monyet menyerang pelaku kejahatan seks anak

Di antara hewan yang mati adalah monyet De Brazza, seekor monyet Thailand, empat saki berwajah putih dan tiga asam, yang semuanya terdaftar sebagai spesies terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

“Setiap kali kita mendapat berita, jika ada berita baru, maka berita tersebut harus dipublikasikan sesegera mungkin sehingga semua orang mengetahui kebenarannya,” kata Lee, menurut AFP.

Sebelumnya, pemerintah mengadakan pertemuan darurat antardepartemen mengenai kematian tersebut. 

Pernyataannya mengatakan perilaku dan nafsu makan monyet De Brazza lainnya tampak tidak biasa dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Namun, kondisi sisa 80 satwa di kebun binatang itu normal, tambahnya.

Jason Baker, wakil presiden senior kelompok hak asasi hewan PETA Asia, mengatakan kematian tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan penyakit zoonosis, seperti penularan monyet dari hewan ke manusia.

“Monyet yang dipelihara seringkali terpapar patogen manusia seperti tuberkulosis, penyakit Chagas, kolera, dan MRSA,” ujarnya.

Baca juga: Apa Itu Cacar Monyet (Mpox) dan Mengapa Dinyatakan Sebagai Darurat Kesehatan Global?

Dia mengatakan satu-satunya cara untuk menjamin kesejahteraan hewan dan mencegah penyebaran penyakit zoonosis adalah dengan berhenti memelihara mereka di lingkungan yang tidak alami.

Baca Juga: Lebih dari 200 Monyet Howler Mati di Meksiko Karena Panas

Kebun Binatang dan Taman Botani Hong Kong, taman tertua di bekas jajahan Inggris, dibuka untuk umum pada tahun 1871. Taman ini merupakan oasis perkotaan yang langka di distrik pusat kota, pusat keuangan yang kembali ke pemerintahan Tiongkok pada tahun 1997. Dapatkan berita dan pembaruan terkini dari pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top