Server E-meterai Peruri “Down”, Komisi VI: Kesalahan di Pemerintah yang Dirugikan Masyarakat

JAKARTA, virprom.com – Perusahaan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dinilai belum siap memberikan layanan e-stempel di tengah Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Anggota Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih o Demer berharap kejadian ini tidak merugikan masyarakat.

“Pemerintah yang patut disalahkan, namun rakyatlah yang dirugikan. Ini adalah gangguan. “Saya berharap kondisi seperti ini tidak terjadi lagi,” kata Demer saat dihubungi Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Peruri Buka Layanan Stempel Kesalahan Elektronik dan Tingkatkan Kapasitas

Demer juga menyayangkan persiapan Peruri yang dinilai kurang matang dalam pelayanan prangko elektronik.

“Saya tetap menyarankan agar kita melakukan antisipasi agar kita bisa menghitung jumlah penduduk dengan mudah. ​​Persiapannya kurang, ujarnya.

Di sisi lain, politikus Golkarparti ini mengapresiasi keputusan pemerintah yang memperpanjang masa pendaftaran seleksi CPNS.

Pendaftaran hanya ditutup pada tanggal 6 September, namun karena adanya kendala pada layanan e-stempel, periode pendaftaran diperpanjang hingga 10 September.

– Kalau begitu, tidak apa-apa. Tapi terima kasih sudah ditunda, kalau tidak akan sangat merugikan para pencari kerja, ujarnya.

Sejumlah pelamar CPNS di media sosial X (Twitter) diketahui mengeluhkan layanan pembelian e-stempel di website Peruri mengalami kendala.

Server diklaim tidak mampu menampung lampiran dalam jumlah besar dan menyebabkan layanan terhenti.

Baca Juga: 10 link e-stempel daftar CPNS 2024 selain Peruri dan cara membelinya

Selain itu, beberapa situs resmi pedagang e-stempel Peruri, antara lain Skill Academy dan E-Meterai Live, juga diklaim tidak bisa melayani pembelian sejak Selasa (9/3/2024).

Tak hanya belanja online lewat website, ada pula yang mengaku di gerai Pos Indonesia juga kehabisan e-stempel.

Akibat kegagalan layanan, beberapa warganet yang sudah membeli dari situs Peruri pun mengeluhkan tidak dapatnya biaya e-stempel padahal sudah membayar lunas.

Menanggapi hal tersebut, Chief Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengatakan, pihaknya mengaku telah meningkatkan kapasitas infrastruktur dan menyiapkan website khusus pembelian e-stempel pendaftaran CPNS 2024.

Baca juga: Peruri luncurkan website resmi pembelian e-stempel CASN 2024

Saking besarnya antusias masyarakat pada beberapa hari menjelang penutupan pendaftaran, website e-stempel mengalami lonjakan trafik.

Hal ini menyebabkan menurunnya layanan e-merai melalui website. Atas kondisi tersebut Peruri meminta maaf, kata Adi dalam keterangan tertulis yang diterima virprom.com, Rabu (09/04/2024).

Lanjutnya, pihaknya saat ini sedang berupaya memulihkan kualitas layanan agar website bisa cepat kembali beroperasi penuh.

“Informasi lebih lanjut akan kami sampaikan secara berkala pada layanan e-stempel sebagai bagian dari upaya memberikan informasi kepada masyarakat,” imbuh Adi. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top