Mendagri Minta Pemda Maksimalkan Dukungan Sarana-Prasarana Pilkada 2024

JAKARTA, virprom.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) provinsi Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku meningkatkan dukungan dan infrastruktur Panitia Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan DPRD. Pemilihan. Badan Pengawasan (Bawaslu) jelang Pilkada segera pada 2025.

“Saya mohon kepada pemerintah daerah untuk membantu KPU dan Bawaslu yang tidak memiliki kantor, gudang, infrastruktur di daerah terpencil di Maluku, Maluku Utara, kepulauan, jika ada masalah bantulah semaksimal mungkin.” Titus dikutip dalam pidatonya. Kementerian Dalam Negeri, Kamis (27/6/2024).

Pesan itu ia sampaikan pada Konferensi Koordinasi (Rakor) terkait persiapan Pilkada 2024 di Provinsi Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Tito mengatakan, pemerintah daerah dapat memanfaatkan anggaran rutin dan dana darurat (BTT) untuk membantu perencana kebutuhan perumahan dan infrastruktur.

Baca Juga: Kemendagri Tanggapi Putusan MA: Penetapan Bupati Jangan Serentak.

Ia sepakat siap mengeluarkan surat edaran jika Pemerintah Negara Bagian menginginkan formulir resmi penggunaan BTT.

Yang penting pekerjaannya berjalan baik, itu satu lagi yang harus dibayar oleh linmas (Unit Perlindungan Sosial) dan Satpol PP, karena jumlah linmas (dan Satpol PP) banyak, kata Tito.

Mantan Kapolri ini menjelaskan, bantuan polisi diperlukan karena hanya polisi yang boleh masuk ke tempat pemungutan suara (TPS).

Sebab, anggota TNI-Polri tidak boleh masuk ke TPS kecuali ada upacara khusus.

Artinya, pimpinan daerah, sekda, Bappeda, dan BPKAD harus berbagi anggaran Satpol PP dan Linmas Kesbang,” jelas Tito. .

Baca juga: KPU Minta Pemerintah Dukung Pemilih Usia 17 Tahun di Pilkada 2024

Sebelumnya, berdasarkan dokumen virprom.com, pemerintah daerah diminta menyiapkan anggaran pilkada sekaligus sebesar 40 persen APBD tahun 2023 dan 60 persen APBD tahun 2024.

Saat ini, hampir seluruh pemerintah daerah telah menandatangani dokumen kerjasama pemerintahan (NPHD) antara KPU dan Bawaslu/Panwaslu.

Dari sisi keamanan, pemerintah juga merencanakan bantuan keamanan termasuk Rp 1,27 triliun untuk TNI dan Polri, meski konfirmasinya masih terbatas.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, anggota Satlinmas yang tersebar di Tanah Air berjumlah 1.224.990 orang.

Namun sekitar setengahnya berada di Pulau Jawa, khususnya Jabodetabek dan Jawa Barat.

Baca juga: Jutaan Linmas dan Satpol PP Bantu Polisi Segera Amankan Pilkada 2024.

Di sisi lain, jumlah anggota Satpol PP kini berjumlah 105.872 orang, dengan 29.895 orang di antaranya berstatus PNS.

KPU masing-masing daerah akan memilih dua calon independen masing-masing daerah mulai 22 September 2024.

Masa kampanye Pilkada 2024 akan berlangsung selama 60 hari, mulai 25 September hingga 23 November 2024, sebelum masa tenang dimulai pada 24-26 November 2024. Dengarkan berita terhangat melalui pilihan berita langsung kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk terhubung ke Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top