Awas Kena Tipu Oknum Bengkel AC Nakal Saat Melakukan Perbaikan

KLATEN, virprom.com – Mobil harus dirawat dengan baik agar tetap dalam kondisi terbaiknya, termasuk pada pendingin ruangan (AC). Kenyamanan penumpang di dalam kabin terpengaruh jika AC tidak dirawat dengan baik dan benar.

Jangan menunggu sampai komponen AC mengalami kerusakan, sehingga mengakibatkan biaya perbaikan semakin besar.

Namun penurunan kinerja AC biasanya tidak disebabkan oleh kerusakan komponen. Terkadang, olahraga teratur saja dapat membalikkan kondisi tersebut.

Baca juga: Hati-hati, Tips di Bengkel AC Agar Mobil Mudah Terbakar

Dewa Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan, penyebab AC mati bisa disebabkan oleh hal kecil sehingga tidak perlu mengganti suku cadang yang mahal.

“Kebanyakan orang menganggap penting untuk mengetahui bagian mana saja dari AC yang perlu diganti, karena pada beberapa kasus bisa dibersihkan dan direstorasi,” kata Dewa kepada virprom.com, Senin (9/9/2024). .

Pak Dewa mengatakan banyak pelanggan yang mengeluhkan AC mobilnya mati, namun setelah dicek ternyata masalahnya hanya perlu diperbaiki saja, tanpa perlu mengganti barang.

Baca juga: Terbakar menjadi berkah tersendiri bagi bengkel AC mobil

 

Dan filter, kondensor, dan evaporator merupakan bagian yang bersentuhan dengan udara sehingga akan tercemar penggunaannya jika kotoran menumpuk dalam pengoperasiannya dan rendah, kata Dewa.

Selain membersihkan bagian-bagian tersebut, menurut Dewa, penggantian oli kompresor juga penting dilakukan secara rutin, yakni sekitar 20.000 km.

Oli kompresor ini bersirkulasi bersama freon, saat dipakai terkontaminasi lagi oleh sisa-sisa logam kompresor yang tergores, kalau lama tidak diganti warna hitamnya karena kotoran, kata Dewa.

Baca juga: Bagian ini sebaiknya Anda periksa setelah melakukan perbaikan AC mobil

Pak Dewa mengatakan lumpur ini dapat menempel pada banyak hal sehingga dapat merusak kondensor dan evaporator.

“Kalau tidak parah, ganti oli kompresor sesekali bisa jadi langkah awal, tapi kalau membandel dan kotor, pembersihannya tidak akan maksimal, bagian-bagiannya harus diganti, terutama kondensornya,” ucapnya. Dewa.

Dewa mengatakan, beberapa pengoperasian AC sudah kembali normal setelah dilakukan pembersihan menyeluruh pada kompresor oli merah dan pembersihan bagian-bagian yang bersentuhan dengan udara.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet di Jalan

“Jika pada evaporator dan kondensor tidak terdapat pin maka dapat dilakukan uji pembersihan, namun uji kompresor adalah tekanan yang dapat diciptakan. Jika masih memenuhi syarat maka tidak perlu dilakukan penggantian yaitu, keausan yang terjadi tidak serius, meski oli terkesan kotor”, kata Dewa.

Menurut Dewa, pengetahuan dasar tentang sistem AC akan membantu konsumen agar terhindar dari penipuan oleh oknum bengkel. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mendapatkan saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top