Kapan Kondom Digunakan? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk memperkecil kehamilan dan mencegah penyakit menular seksual. Jadi kapan Anda menggunakan kondom?

Pasangan suami istri menggunakan kondom untuk melindungi dari kehamilan setiap kali mereka berhubungan seks, terlepas dari hubungan seks vagina, anal, atau oral.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat ikhtisar kami tentang kapan harus memakai dan melepas kondom.

Baca juga: Bolehkah Kondom Dipakai Dua Kali? Berikut penjelasannya… Kapan kondom digunakan?

Menurut Planned Parenthood, kondom sebaiknya digunakan setiap kali berhubungan seks, baik secara vagina maupun rektal, terutama jika pasangan Anda terlambat atau tidak ingin memiliki anak.

Menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dapat membantu mencegah penyakit menular seksual seperti gonore, sifilis, klamidia, kutil kelamin, hepatitis B, dan HIV/AIDS.

Waktu terbaik menggunakan kondom adalah sebelum penis menyentuh vagina atau organ lainnya. Artinya kondom boleh digunakan saat foreplay atau pemanasan.

Bagaimanapun, pastikan penis benar-benar ereksi agar kondom tidak melorot. Kondom yang terjatuh meningkatkan risiko kebocoran dan menyebabkan air mani mengalir ke vagina.

Sebelum berhubungan seks, sebaiknya Anda juga memakai kondom mulut atau kondom lidah. Untuk mencegah risiko infeksi di kemudian hari, jika kondom sudah menyentuh alat kelamin, disarankan untuk tidak memasukkan alat kelamin ke dalam rongga mulut.

Perlu diketahui bahwa pasangan harus menggunakan kondom pria, wanita, dan lidah yang belum dibuka, kadaluwarsa, tidak rusak, dan disetujui oleh BPOM.

Dengan cara ini, pasangan bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kondom untuk kontrasepsi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kondom yang disesuaikan dengan benar mencegah kehamilan hingga 98% dan meningkatkan perlindungan terhadap penyakit menular seksual.

Baca juga: Amankah Masuk Dalam dengan Kondom? Ini penjelasannya…

  Kapan waktu yang tepat menggunakan kondom?

Kondom harus dilepas segera setelah pria ejakulasi atau setelah semua ejakulasi.

Melepas kondom segera setelah ejakulasi penting untuk mencegah kondom terlepas karena ukuran alat kelamin kembali normal.

Cara melepas kondom yang aman adalah dengan memegang ujung corong kondom dengan jari Anda. Kemudian tarik penis keluar dari vagina.

Kemudian gulung kondom dari bagian bawah penis dan bungkus dari bawah untuk mencegah sperma menyebar dan mengotori permukaannya. Kemudian kondom bisa dibuang ke tempat sampah.

Baca juga: Apa Gejala Kebocoran Kondom? Berikut daftar 6… Dapatkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top