Ini Akibatnya jika Lupa Menurunkan Rem Tangan Saat Mobil Melaju

SOLO, virprom.com – Memastikan rem tangan dilepas sebelum mobil mulai melaju merupakan langkah penting yang harus dilakukan pengemudi.

 

Meski merupakan prosedur dasar, namun tidak jarang pengemudi lupa menurunkan rem tangan saat mobil melaju. Banyak faktor yang menyebabkan kelalaian ini, seperti terburu-buru atau kurang fokus.

Padahal, kelalaian tersebut bisa berdampak buruk pada sistem pengereman mobil secara keseluruhan.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Tarik Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Kemacetan

Ivan, Pemilik Ivan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, untuk rem tangan yang menggunakan tuas, ada kemungkinan pengemudi lupa melepas rem tangan.

Umumnya mobil dengan ABS, ketika mobil dihidupkan dan pengemudi lupa melepas rem tangan, akan muncul peringatan dengan bunyi tit tit tit. Saat berkendara, kata Iwan kepada virprom.com, Senin (30/9/2018). 2024).

Namun jika hal tersebut tetap terjadi, ada risiko kerusakan pada sistem rem dan komponen terkait.

Baca juga: Melepas Rem Tangan Sebelum Memarkir Mobil Dalam Waktu Lama Merupakan Kebiasaan Melepas Rem Tangan

Namun jika terjadi, mobil berjalan dengan rem tangan menyala, maka kampas rem belakang akan habis dan rem belakang terkunci, kata Ivan.

Ivan juga mengatakan, dengan adanya rem parkir elektrik, kejadian seperti itu tidak akan terjadi karena sistemnya dilengkapi dengan fungsi otomatis yang mencegah mobil bergerak saat rem masih menyala.

Rem parkir elektrik hampir tidak mungkin dilupakan, karena selain peringatan, mobil juga akan sulit bergerak, kata Ivan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top