Biasakan Selalu Mengocok Pedal Rem Mobil Sebelum Berkendara

KLATEN, KOMAS.com – Pedal rem merupakan alat yang menyalurkan tenaga pengereman dari kaki pengemudi ke komponen rem. Hingga akhirnya mencapai roda mobil masing-masing

Pengemudi dapat merasakan performa pengereman kendaraannya, sehingga penting untuk melakukan pengujian sebelum berkendara.

Hardy Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan pengemudi harus membiasakan menggoyang pedal rem sebelum berkendara.

Baca juga: Jangan Remehkan Lampu Rem Mobil Anda yang Mati.

“Dengan menekan pedal rem beberapa kali maka akan diketahui kinerja sistem rem baik atau tidak. Oleh karena itu, ketika terjadi masalah Remnya kurang bagus saat melaju di jalan raya,” ujarnya kepada Hardy kepada virprom.com, Jumat (13/9/2024).

Hardi mengatakan, tidak semua masalah rem menyebabkan lampu indikator di Mass Information Display (MID) menyala.

“Misalnya rem kempes maka pedal rem akan terasa lebih dalam atau tenggelam. Sedangkan jika ada masalah pada booster rem Pedal rem tetap kencang meski mesin hidup,” kata Hardy.

Baca Juga: Ketahui Faktor Penyebab Rem Mobil Blong.

Selain mengurangi risiko kerusakan rem, Hardi mencatat, ketinggian pedal rem tidak sama pada semua mobil. Oleh karena itu, pengemudi perlu mengetahui sejauh mana kontak kampas rem dengan cakram rem.

“Mengetahui ketinggian pedal rem saat pad bersentuhan dengan cakram rem. Pengemudi bisa memperkirakan kedalaman pengereman pada ketinggian pedal rem,” kata Hardy.

Hardy mengatakan, pengereman harus dilakukan dengan menekan pedal rem secara ringan agar penumpang tetap nyaman dan tidak membahayakan pengemudi lain di belakangnya.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Minyak Rem Mobil Anda?

Oleh karena itu, pengemudi harus terbiasa menggoyangkan pedal rem sebelum berkendara. Kebiasaan ini dapat mencegah risiko rem blong di jalan dan memberikan penyesuaian rem yang lebih baik. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top