Bawa Jokowi dan Iriana, Pesawat Kepresidenan Bodi Jumbo Mendarat Perdana di IKN

JAKARTA, virprom.com – Pesawat kepresidenan Boeing 737-800 mendarat pertama kali pada Jumat (11 Oktober 2024) di Bandara Nusantara di Ibu Kota Kalimantan Timur (IKN).

Ini pertama kalinya seorang kepala negara menggunakan pesawat raksasa untuk mendarat.

Sebelumnya, pesawat kepresidenan RJ-85 yang membawa Joko Widodo mendarat pertama kali pada 24 September 2024.

Pesawat merah putih itu tampak mendarat di IKN tanpa insiden, lapor Kompas TV.

Baca Juga: Jokowi Akan Resmikan Istana Negara di IKN, Prabowo Akan Resmikan Istana Garuda

Usai pesawat berbalik arah dan berhenti total, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan beriringan menuruni tangga pesawat di karpet merah.

Keduanya mengenakan kemeja putih sebagai pakaian formal. Para karyawan berbaris di bawah tangga pesawat.

Mengutip keterangan Sekretariat Presiden, beberapa pihak menyambut baik kedatangan Jokowi dan Iriyana, di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Lalu ada Panglima TNI Jenderal Agus Subyanto dan Kapolri Listeo Sigit Prabowo.

Ia juga tampak menyambut Wakil ATR Raja Juli Antoni, Wakil Gubernur Kaltim Akmal Malik, Panglima TNI VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Irjen Pol. Nanang Avianto dan Kolonel Danlanud Dhomber Pnb David Ali Hamzah.

Hingga sore ini, Jokowi memang memiliki jadwal padat di IKN.

Baca juga: Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN, Dapat Sertifikasi Kepemilikan

Sehari sebelumnya dilakukan uji pendaratan untuk menjamin keselamatan Presiden Joko dan Iriana.

Yusuf Permana, Wakil Sekretaris Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, mengatakan uji pendaratan pesawat kepresidenan Boeing di Bandara Nusantara berjalan lancar.

Alhamdulillah, hari ini pesawat kepresidenan Boeing berhasil mendarat di Bandara IKN untuk uji pendaratan, kata Yusuf kepada virprom.com, Kamis (10 Oktober 2024).

Uji coba pendaratan pesawat besar sedang berlangsung dan pemadatan area landasan pacu diharapkan selesai pada 10 Oktober 2024.

Saat ini landasan pacu Bandara Nushatara memiliki panjang 2.200 meter dan lebar 45 meter. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top