Tanda-tanda Tekanan Ban Mobil Kurang Udara, Pengemudi Harus Peka

JAKARTA, virprom.com – Menjaga kondisi ban kendaraan tetap optimal merupakan tanggung jawab setiap pengemudi. Aspek penting yang sering diabaikan adalah tekanan ban.

Ban yang tekanan anginnya kurang dapat menimbulkan berbagai masalah serius yang tidak hanya merusak kendaraan namun juga mengancam keselamatan pengemudi dan penumpang.

Mengetahui tanda-tanda udara rendah pada ban mobil Anda penting untuk menghindari bahaya tersebut.

Baca Juga: Avanza Tabrak Truk di Tol Batang, Sopir Diduga Tertidur

Salah satu gejala yang paling umum adalah perubahan kenyamanan berkendara.

“Mobil tanpa udara pada ban memberikan rasa berkendara kurang stabil, kaku saat bernavigasi di jalan tidak rata. Lalu, pengemudi bisa merasakan getaran atau suara yang tidak biasa saat kendaraan melaju,” kata Fisa Riskiano, vice presiden original perlengkapan (OE). ) Penjualan Ban PT Bridgestone di Indonesia di virprom.com, Kamis (4/7/2024).

Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah penurunan performa kendaraan. Ban yang kurang daya angkat dapat membuat mobil sulit dikendalikan, terutama saat tikungan atau pengereman mendadak.

Posisi ini sangat berbahaya, terutama di jalan yang ramai atau kondisi cuaca buruk. Penurunan efisiensi bahan bakar dapat menjadi indikator ban kurang angin karena akan meningkatkan gesekan pada permukaan jalan sehingga mesin harus bekerja lebih keras.

Baca Juga: Bikers, Ini Trik Pengereman Aman di Jalan Basah

“Kalau ada tanda-tanda tidak ada angin atau kempes, tapi tetap ngotot terus, berbahaya,” ujarnya. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top