Golkar Diprediksi Menang Besar di Jabar jika Calonkan Ridwan Kamil Jadi Gubernur

JAKARTA, virprom.com – Partai Golkar diperkirakan akan menang besar di Jawa Barat jika mencalonkan Ridwan Kamil menjadi gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Jawa Barat.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 27 Mei – 2 Juni 2024 terhadap 810 warga Jawa Barat.

“Jika partai mengusung Ridwan Kamil, maka Golkar berpeluang besar memenangkan Pilgub Jabar mendatang,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Denny Irwani dalam rilis surveinya, Jumat (7/6/2024).

Baca juga: Jawaban Ridwan Kamil Soal Kepastian Pilkada Jakarta 2024 Dilangsungkan…

Nama mantan Gubernur Jawa Barat itu mengemuka saat ditanya siapa calon gubernur jika pilkada digelar di daerah hari ini.

Ridwan Kamil terpilih dengan 25,2 persen. Di bawah Kang Emil, nama pena Ridwan Kamil merupakan nama mantan Bupati leluhurnya Dedi Mulyadi.

Pemimpin Partai Gerindra itu memperoleh 16,3 persen suara. “Dibalik kedua nama itu, kami tidak melihat ada nama yang menonjol,” kata Denny.

Dedi Mulyadi memperoleh 1,3 persen dan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar memperoleh 0,9 persen suara, disusul mantan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Baca juga: Survei SMRC: Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Jadi Nama Terpopuler di Pilkada Jabar

Sementara itu, SMRC juga memberikan sejumlah nomor yang bisa dipilih warga Jabar jika pilkada digelar hari ini.

Pada pertanyaan semi terbuka, Ridwan Kamil menduduki posisi teratas dengan perolehan suara 52,2 persen dengan 27 nama.

Di bawah Kurator Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN), Dedi Mulyadi tetap berhak maju terpilih dengan perolehan suara 28,9 persen.

Selain itu, nama mantan Wakil Gubernur Jabar Dede Mijwar sebesar 3,8 persen dan nama anggota DPR RI Dede Yusuf Makan Effendi sebesar 1,9 persen.

Nama-nama lainnya mendapat persentase 1,9 persen pada pertanyaan semi terbuka.

Baca juga: Pertemuan Prabowo dan Ridwan Kamil: Pembahasan IKN, Khususnya Pilkada Tidak Pantas

Survei dilakukan dengan metode multi stage random sampling dengan jumlah proporsional. Margin of error atau margin kesalahan survei diperkirakan ±3,5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Pengendalian mutu hasil wawancara dilakukan secara acak dengan mengembalikan 20 persen dari total sampel dengan responden dipilih oleh dosen pembimbing atau spot checking.

Tidak ada cacat signifikan yang ditemukan selama kontrol kualitas. Dengarkan pilihan berita dan berita terhangat kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top