Perkuat Penanggulangan Ekstremisme, Wapres Minta Birokrasi Kaku Dihapus

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) Ma’ruf Amin menyerukan penguatan kerja sama antar pihak untuk memperkuat Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ekstremisme (RAN PE).

Pesan tersebut disampaikan Wapres pada acara PE RAN Awards Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) 2024.

“Hilangkan sekat-sekat birokrasi yang kaku dan bersama-sama menjaga stabilitas keamanan nasional dari ancaman pihak-pihak yang berupaya menjaga keharmonisan, persatuan, dan kesatuan bangsa,” kata Wapres dalam acara yang digelar di The Westin Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin. 19/8/2024).

Wapres juga mendorong agar pelaksanaan RAN PE fokus pada pelaksanaan program atau kegiatan yang berdampak langsung dan nyata bagi masyarakat.

Baca Juga: Wakil Presiden Maruf Amin Sebut Tidak Ada Serangan Teror Sejak 2023

Ia juga meminta para pihak dapat bekerjasama dengan pesantren dan organisasi masyarakat sipil yang bisa turun langsung ke tingkat lokal.

Dengarkan usulan terkait penguatan RAN EP agar pencegahan dan penanganan ekstremisme sejalan dengan situasi dan kebutuhan masyarakat, kata Wapres.

Ma’ruf Amin menegaskan, peran aktif perlindungan perempuan dan anak juga harus ditingkatkan dalam upaya mencegah dan mengalahkan ekstremisme dan terorisme.

“Dampak terorisme yang mereka rasakan tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga psikologis, dan peran mereka sangat penting untuk memutus mata rantai terorisme di lingkungan keluarga,” kata Wapres.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga meminta agar pemerintah daerah terus memberikan dukungan untuk berperan lebih aktif dalam pelaksanaan langkah RAN PE.

Baca juga: Menurut Wapres, jumlah korban tewas akibat serangan teroris turun 22 persen

Selain itu, hanya pemerintah daerah yang memiliki pemahaman mendalam mengenai kondisi sosial, budaya, dan dinamika daerahnya masing-masing.

Oleh karena itu, partisipasi daerah menjadi penting untuk merespons ancaman terorisme secara lebih cepat dan tepat, kata Ma’ruf Amin. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda. com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top