Dokter di China Sukses Operasi Tumor Paru-paru Pasien dari Jarak 5.000 Km

GUANGDONG, virprom.com – Seorang dokter asal Tiongkok bernama Lin Tianxin berhasil mengoperasi tumor paru-paru pasiennya dari jarak lima kilometer (km).

Operasi urologi jarak jauh ini dibantu dengan teknologi bedah robotik berbasis 5G.

Pasien berada di sebuah rumah sakit di Prefektur Kashgar, Xinjiang, di barat laut Tiongkok, sedangkan dokter berada di Guangdong, di Tiongkok selatan, 5.000 km jauhnya.

Baca juga: Setahun Perang Gaza, Kisah WNI yang Menjadi Dokter Relawan MER-C

Diambil dari Xinhua pada 29 Juli 2024, Lin Tianxin adalah Direktur Rumah Sakit Afiliasi Kelima Universitas Sun Yat-sen.

Dia melakukan operasi menggunakan robot buatan sendiri. Pengoperasian berjalan lancar berkat lengan robot, dan latensi jaringan berkurang. Seorang dokter Tiongkok berhasil mengangkat tumor paru-paru dari pasiennya yang berjarak 5.000 kilometer menggunakan robot sejauh Shanghai. Prosedur baru ini dilakukan pada pasien di kota Kashgar, dan operasinya berhasil. pic.twitter.com/5QzkVxXKQu — Tansu Yegen (@TansuYegen) 8 Oktober 2024

Rumah sakit di banyak daerah pedesaan di Tiongkok dihadapkan pada sedikitnya staf terlatih dan peralatan yang rumit.

Mereka seringkali mencari bantuan dokter dari pusat kesehatan terkemuka untuk melakukan operasi guna memenuhi kebutuhan pasien.

Baca Juga: Begini Situasi Anak-anak di DR Kongo yang Terkena Mpox, Dokter: Jangan Abaikan Kisah Seorang Dokter AS yang Tak Lupakan Kengerian Gaza.

Beberapa dokter harus melakukan perjalanan jauh ke tempat-tempat tersebut.

Teknologi bedah yang didukung 5G ini mampu mengatasi masalah tersebut.

Hasil positifnya adalah layanan medis berkualitas tinggi dapat diberikan kepada pasien di daerah terpencil di Tiongkok.

Baca juga: Pria India Ini Dokter Terpendek di Dunia Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top