Apple Rilis iPad Mini Gen 7 dengan Chip A17 Pro, Setelah 3 Tahun Absen

virprom.com – Raksasa teknologi Apple secara mengejutkan resmi merilis tablet terbarunya, iPad Mini (2024), Selasa (15/10/2024). iPad Mini generasi ketujuh (iPad Mini memiliki 7) dirilis setelah model “Mini” absen selama kurang lebih tiga tahun.

Terakhir, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS ini merilis model iPad Mini 6 pada tahun 2021.

Sebagai penggantinya, iPad Mini 7 menghadirkan beberapa penyempurnaan, seperti hadirnya chip Apple A17 Pro dan teknologi kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence.

System-on-Chip (SoC) A17 Pro buatan 3 nm memiliki enam inti (hexa-core), dengan dua inti performa dan empat inti hemat daya. Unit pemrosesan grafis (GPU) cadangan juga memiliki enam inti.

Apple mengklaim chip ini menghadirkan peningkatan performa CPU hingga 30 persen dan performa GPU hingga 25 persen, dibandingkan chip A15 Bionic yang mentenagai iPad Mini 2021.

Baca juga: Daftar Harga iPad Mini 6 di Indonesia

SoC Apple A17 Pro juga hadir dengan fitur ray berbasis perangkat keras yang empat kali lebih cepat dibandingkan ray berbasis perangkat lunak.

Ray tracing dapat memvisualisasikan pantulan cahaya dan efek sinematik secara real time di dalam game. Tampilan permainan seperti pantulan sinar matahari akan terlihat lebih menakjubkan.

Dengan chip tersebut, iPad Mini juga disebut mampu menjalankan game-game berbudget tinggi dengan visual tinggi (triple-A/AAA), seperti Zenless Zone Zero besutan studio Hoyoverse.

Perangkat ini juga kompatibel dengan pena digital (stylus) Apple Pencil Pro. Inilah salah satu inovasi yang dibawa iPad Mini generasi baru.

Pasalnya di iPad Mini 6 hanya mendukung model Apple Pencil di bawahnya yaitu Apple Pencil dan Apple Pencil generasi kedua (USB-C). Stylus Apple Pencil Pro menghadirkan beberapa fitur seperti sensitivitas tekanan, haptic feedback, dan kontrol gerakan.

“Dengan chip A17 Pro yang kuat, konektivitas yang lebih cepat, dan dukungan Apple Pencil Pro, iPad Mini baru menghadirkan pengalaman iPad seutuhnya dalam desain paling portabel kami dengan nilai yang luar biasa,” kata Bob Borchers, Wakil Presiden Pemasaran Produk Seluruh Dunia Apple halaman. Insinyur Apple

IPad Mini terbaru juga mendukung teknologi kecerdasan buatan Apple Intelligence.

Kecerdasan yang dimiliki Apple sendiri merupakan serangkaian fitur kecerdasan buatan generatif (generative AI), yang memungkinkan pengguna menulis dan meringkas teks dengan AI, membuat gambar dan emoji, serta memperkenalkan asisten virtual Siri yang lebih cerdas.

Baca juga: Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Fungsi kecerdasan buatan Apple Intelligence akan diluncurkan pada Oktober ini melalui pembaruan sistem operasi (OS) iOS 18.1/iPadOS 18.1. Fitur ini hanya tersedia untuk Bahasa Inggris Amerika Serikat (US English).

Selain chip A17 Pro dan Apple Intelligence, iPad Mini 2024 juga menghadirkan peningkatan di sektor penyimpanan media. Penyimpanan meningkat dari 64 GB/256 GB di iPad Mini 2021, menjadi 128 GB/256 GB/512 GB di iPad Mini terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top