Menakar Bakal Cawagub Dedi Mulyadi pada Pilkada Jabar

Jakarta, virprom.com – Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai penting jika Koalisi Indonesia Maju (KIM) memutuskan mengusung calon wakil gubernur Jawa Barat 2024. Pemilihan ketua.

Adi kemudian menyebut beberapa nama potensial yang bisa diusung KIM bersama Dedi Mulyad di Pilkada Jabar. Diantaranya adalah mantan Wali Kota Bogor Bima Arya dan anggota DPR RI Desy Ratnasari. Keduanya diketahui merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut Adi, KIM tidak punya pilihan selain meningkatkan karakter dalam diri KIM. Dengan mengingat hal ini, Dedi Mulyadi juga membutuhkan dukungan wakil gubernur yang memiliki elektabilitas dan popularitas.

“Tidak ada pilihan lain, calon kedua Dedi Mulyad minimal harus populer untuk meningkatkan elektabilitasnya. Dedi Mulyad bersedia mencari wakil dari KIM,” kata Adi kepada virprom.com, Minggu (04/08/2024). )

Baca Juga: Titik Temu Golkar-Gerindra: Dukung Dedi Mulyad di Pilkada Jabar oleh Ridwan Kamil OTW Jakarta

Namun, jika KIM ingin menggunakan nama tersebut di luar koalisinya, menurutnya ada opsi.

“Kecuali calon yang bukan wakil KIM. “Banyak kemungkinannya, bisa Ilham Habibi, bisa dari PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PDI-P (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) atau PKB (Partai Kebangkitan Bangsa),” kata Adi.

Sekaligus, ia mengingatkan, pilihan ada di tangan partai politik milik KIM.

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Golkar itu sempat menyatakan partainya akan mendukung Dadi Mulad dari Partai Gerinndra pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Baca: Golkar Dukung Dedi Mulyad di Pilkada Jabar; Ridwan Kamil OTW Jakarta

Airlangga bersama petinggi Partai Golkar lainnya mengungkapkan keputusan tersebut saat berbicara soal pertemuan dengan Dedi Mulyad dan petinggi Partai Gerindra.

“Kita ada kemajuan dalam pertemuan antara Partai Golkar Jabar, DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Golkar dan DPD Gerindra. Kemudian kita juga bertemu dengan calon Gubernur Jabar saudara Ded. Mulyadi dan Wakil Ketua (Gubernur Golkar termasuk Golkar Gubernur DPRD) Pak Ade Ginanjari, jadi pembahasannya ada di sana,” kata Airlangga saat ditemui di Djakarta Theater, Jumat, 2 Agustus 2024.

Namun KIM belum mengeluarkan pernyataan resmi yang mendukung Dedi Mulyad di Pilkada Jabar 2024. PAN mengusung Bima Arya dan Desy Ratnasari.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno mengungkapkan pihaknya telah mengajukan nama Bima Arya dan Desy Ratnasari sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada di Jawa Barat.

“Kami berharap bisa bekerjasama dan mengangkat kader PAN, apalagi calon yang dilantik untuk Jakarta belum dilantik,” kata Eddy usai HUT ke-26. Mengutip Antaranews, Pesta Bulan Bintang (PBB) di Jakarta, Sabtu (8/3/2024).

“Kanbema Ari yang menjabat Wali Kota Jawa Barat berhasil di Bogo selama dua tahun. Elektabilitas Desy Ratnasari pun tidak sedikit. Beliau pernah menjadi anggota DPR RI sebanyak tiga kali,” imbuhnya.

Baca juga: Dedi Mulyadi dari Partai Golkar Pinang Akan Jadi Calon Gubernur Jabar

Menurut dia, PAN telah menawarkan kader-kader berkualitas yang mampu mengusung terpilihnya Dedi Mulyad, calon yang diusung Partai KIM pada Pilkada di Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top