Bahaya, Jangan Sampai Sepeda Motor Kehabisan Oli

KLATEN, virprom.com – Oli pada mesin sepeda motor berperan sebagai pelumas untuk memutar komponen. Sambungan antar komponen perlu dikurangi, yaitu dengan memberikan pelumas.

Oleh karena itu, jumlah bahan bakar pada sepeda motor harus dipantau agar tidak kehabisan bahan bakar.

Karena jumlah minyak yang digunakan dapat dikurangi dengan menggunakan pelarut atau dengan membakar sebagian minyak tersebut. 

Baca Juga: Hati-Hati Sebelum Menuangkan Oli Mesin

Gio, pemilik Giovanni Motor Cavas di Klaten mengatakan, jika dipakai maka oli motor akan habis, jadi periksalah secara berkala.

Disarankan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 kilometer, namun kemungkinan oli akan habis sebelum waktunya diganti, penyebab lainnya adalah komponen mesin mulai aus, kata Jio. Kepada virprom.com, Selasa (17/9/2024).

Saat ring piston atau dinding silinder mulai aus, kata Gio, pembakaran mesin berkurang saat dijalankan. Akibatnya, penurunan kadar minyak terjadi dengan sangat cepat.

Baca Juga: Selain Sebagai Pelumas, Ini Peran Penting Oli Mesin Lainnya

Kata Geo, “Kalaupun mesin sehat, pasti akan terjadi kebocoran oli. Selain itu, ada masalah, selain ring piston, oli bocor dan membasahi dinding mesin.”

Jio mengatakan jika mesin sepeda motor kehabisan bahan bakar, maka mesinnya akan mengalami kegagalan fungsi. Mulai dari kerusakan terparah hingga mesin mati.

“Dampak rusaknya peralatan tentu akan menimbulkan suara yang keras, selain itu performa mesin akan sangat berkurang dan dapat menyebabkan kerusakan atau kemacetan di jalan raya,” kata Gio.

Baca Juga: Update Harga Oli Mesin Skuter Hingga September 2024, Shell Anjlok

Selain itu, menurut Jio, kekurangan bahan bakar juga dapat meningkatkan biaya perbaikan mesin yang rusak karena semua bagian bergerak yang bergesekan rentan terhadap keausan. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top