Israel Tegaskan Akan Serang Balik Iran, Kantor PM Netanyahu Ungkap Rencananya

TEL AVIV, virprom.com – Israel akan menghadapi Iran.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Selasa (15/10/2024) bahwa Israel akan mempertimbangkan pandangan Amerika Serikat (AS), tetapi akan mengambil tindakan terhadap serangan rudal Iran berdasarkan “kepentingan nasional”.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya telah memperingatkan Israel agar tidak menyerang fasilitas nuklir atau minyak Iran untuk menghindari eskalasi lebih lanjut masalah harga energi regional dan global.

Baca juga: Israel Yakin AS Tidak Akan Menyerang Fasilitas Nuklir dan Minyak Iran

“Kami mendengarkan pandangan Amerika Serikat, namun kami akan membuat keputusan akhir berdasarkan kepentingan nasional kami,” kata kantor perdana menteri Israel, seperti dikutip AFP.

Pernyataan itu muncul setelah Washington Post melaporkan bahwa Perdana Menteri Netanyahu telah meyakinkan Gedung Putih bahwa setiap serangan balasan terhadap pangkalan militer akan dihentikan.

Hal ini dilaporkan oleh media Amerika, berdasarkan informasi dari pejabat Amerika yang tidak disebutkan namanya.

The Wall Street Journal, mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, mengatakan jaminan tersebut muncul dalam percakapan antara Netanyahu dan Biden pekan lalu, serta percakapan antara Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan mitranya dari Israel, Yoav Gallant.

“Rencana itu diterima dengan hangat di Washington,” kata Washington Post.

Iran dilaporkan menembakkan hampir 200 roket ke Israel pada tanggal 1 Oktober sebagai pembalasan atas serangan Israel di Beirut yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dan Jenderal Iran Abbas Nilforoushan.

Baca Juga: Menlu Iran Bertemu Pejabat Senior Houthi di Oman, Sumber AS Sebut Israel Akan Targetkan Militer dan Fasilitas Energi Iran Pejabat AS: Israel Akan Serang Militer dan Fasilitas Energi Iran

Israel telah berjanji untuk membalas serangan rudal Iran, dan Menteri Pertahanan Gallant mengatakan tanggapannya akan “mematikan, tepat dan mengejutkan”.

  Dengarkan berita terbaik dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top