5 Besar Vendor Smartphone Global Kuartal III-2024 Versi Canalys, Samsung Teratas

virprom.com – Lembaga riset Canalys merilis laporan yang mencantumkan lima vendor yang akan mendominasi pasar ponsel pintar global pada kuartal ketiga (Juli-September) 2024.

Menurut laporan Canalys, Samsung masih menjadi pemimpin pasar ponsel pintar global dengan pangsa pasar sebesar 18 persen pada kuartal ketiga tahun 2024. Pangsa pasar ini turun sebesar 3 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun 2023. 

Samsung dan Apple memiliki pangsa pasar yang sama yaitu 18 persen. Namun menurut Canalys, Samsung sedikit lebih unggul dari Apple. Namun Canalys tidak merinci jumlah smartphone yang dikapalkan masing-masing vendor.

Apple di posisi kedua memiliki pangsa pasar 18 persen, naik menjadi 1 persen pada kuartal ketiga tahun 2023.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Menurut Runar Bjørhovde, analis di Canalys, Apple mencapai puncaknya pada kuartal ketiga tahun 2024. Hal ini disebabkan kuatnya permintaan terhadap seri iPhone 15 ke atas.

“Apple kini semakin dekat untuk memimpin pasar smartphone global pada kuartal ketiga (Q3),” tulis Bjørhovde dalam keterangan resmi KompasTekno, Selasa (15/10/2024).

Xiaomi di peringkat ketiga memiliki pangsa pasar 14 persen dan akan masuk tiga besar vendor smartphone dunia pada Juli-September 2024.

Oppo kemudian kembali menduduki posisi teratas untuk pertama kalinya tahun ini dengan pangsa pasar sebesar 9 persen berkat pertumbuhan yang kuat di India dan Amerika Latin.

Baca juga: 10 Tanda Sebaiknya Beli Smartphone Baru

Canalys mencatat Vivo telah meningkatkan pengirimannya sebesar dua digit untuk mengisi daftar lima vendor ponsel pintar teratas dunia dan menguasai 9 persen pasar pada kuartal ketiga tahun 2024.

Secara keseluruhan, Canalys melaporkan pasar ponsel pintar global akan tumbuh 5 persen year-on-year (YoY) pada kuartal ketiga tahun 2024. Ini merupakan kenaikan keempat berturut-turut.

Pertumbuhan ini didorong oleh kuatnya permintaan di negara-negara berkembang dan Amerika Utara; Didorong oleh tren penggantian atau peningkatan peralatan di Tiongkok dan Eropa.

Berikut daftar lima besar produsen smartphone dunia pada kuartal III (Juli-September) 2024: Pangsa pasar pemasok Q3 2023

Pangsa pasar Q3 2024 Samsung 21 persen 18 persen Apple 17 persen 18 persen Xiaomi 13 persen 14 persen Oppo 10 persen 9 persen Vivo 8 persen 9 persen Lainnya 32 persen 32 persen Lainnya Dengarkan berita singkat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top