Korea Selatan Diduga Sebar Selebaran Hasutan lewat Udara, Korea Utara Bereaksi Keras

PYONGYANG, virprom.com – Korea Utara menuduh Korea Selatan mengirimkan drone ke ibu kotanya, Pyongyang, untuk menyebarkan selebaran yang mengkritik pemimpin Kim Jong Un. 

Korea Utara telah menunjukkan respons yang kuat terhadap hal ini, mulai dari menyiapkan unit artileri untuk menembak di perbatasan hingga bersiap meledakkan jalan yang menghubungkan kedua negara.

Korea Utara juga mengancam akan melancarkan serangan militer terhadap Korea Selatan. 

Baca Juga: Korea Utara Dikabarkan Siap Kurangi Perbatasan dengan Korea Selatan

Menurut The Guardian, negara tersebut mengatakan bahwa Korea Selatan menggunakan drone untuk menyebarkan selebaran yang mengkritik rezim Pyongyang. 

Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa tiga kali pada bulan ini, drone Korea Selatan yang membawa propaganda ditemukan di ibu kota pada malam hari.

Kantor berita negara KCNA melaporkan bahwa selebaran tersebut berisi rumor yang menghasut. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri menyatakan pelanggaran wilayah udara Pyongyang dapat dianggap sebagai serangan militer.

Belum jelas jenis drone apa yang digunakan oleh Korea Selatan atau mungkin oleh aktivis anti-Korea Utara. 

Menteri Pertahanan Korea Selatan awalnya membantah tuduhan Pyongyang, namun Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan mengkonfirmasi tuduhan Korea Utara.

Salah satu foto udara yang disiarkan di televisi pemerintah Korea Utara pada akhir pekan menunjukkan sebuah benda putih bersayap di langit yang gelap.

Ini adalah pertama kalinya Korea Utara menuduh tetangganya menggunakan drone untuk menyebarkan selebaran yang mengkritik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Baca juga: Presiden Ukraina menuduh Korea Utara mengirim pasukan ke Rusia

Namun para aktivis di Korea Selatan, beberapa di antaranya dipimpin oleh pembelot dari negara merdeka tersebut, juga menggunakan balon untuk tujuan serupa. 

Hal ini memicu tanggapan dari Korea Utara, yang dalam beberapa bulan terakhir telah menerbangkan ribuan balon berisi sampah dan mungkin kotoran melintasi perbatasan yang dijaga ketat militernya ke Korea Selatan.

Baca Juga: Korea Selatan siap sepenuhnya menghadapi Korea Utara

Korea Selatan menuduh Korea Utara menerbangkan drone di wilayah udaranya dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Desember 2022, Korea Selatan mengerahkan drone-nya setelah melihat lima drone Korea Utara di sekitar Seoul. Dengarkan berita terbaru kami dan tonton langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top