27 Tornado Dilaporkan Terjang Florida, Imbas Ganasnya Badai Milton

MIAMI, virprom.com – Setidaknya 27 tornado telah melanda Florida sejauh ini, kata para pejabat.

Layanan Cuaca Nasional (NWS) mengatakan pihaknya masih berupaya mengkonfirmasi semua laporan kondisi berbahaya di negara bagian tersebut. 

Profesor meteorologi Victor Gensini mengatakan kebebasan tornado yang terlihat saat Badai Milton mendekat benar-benar lebih besar dibandingkan apa pun yang terlihat sebelumnya.

Baca juga: Florida bersiap menghadapi kemungkinan Badai Milton

“Badai memang menghasilkan tornado, tapi biasanya lemah… Ada banyak pusaran yang terjadi,” katanya, menurut Associated Press.

Tornado terbentuk ketika udara hangat dan lembap bertabrakan dengan udara dingin dan kering.

Angin kencang, ditambah dengan panas di atmosfer saat badai, membuat kemungkinan terjadinya tornado, kata para ahli.

Sejauh ini dua orang tewas akibat tornado di Badai Milton di St. Louis. Kabupaten Lucie meninggal.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan sebelumnya bahwa 19 tornado telah dipastikan terjadi di negara bagian tersebut. 

Lebih dari 125 peringatan tornado dikeluarkan oleh pejabat NWS, yang dilaporkan merupakan peringatan terbanyak dalam satu hari di Florida.

Lebih dari tiga juta pelanggan kini mengalami pemadaman listrik beberapa jam setelah Badai Milton melanda. 

Baca juga: Ahli Meteorologi Amerika Hampir Menangis Saat Melaporkan Badai Milton Menguat ke Kategori Lima

Angka dari PowerOutage.us menunjukkan bahwa lebih dari seperempat stopkontak yang dipantau saat ini padam.

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah daerah pesisir termasuk Pinellas, Hillsborough, Manatee dan Sarasota, serta daerah pedalaman Hardee County, di mana hampir seluruh 9.600 sambungan listrik dipantau.

Baca juga: Badai Milton menguat ke kategori 5, Florida AS bersiap menghadapi bencana terburuk, Biden mendesak warga untuk mengungsi 

Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa jaringan listrik bisa mati selama berminggu-minggu dan mereka mengerahkan sumber daya negara bagian dan federal untuk membantu membangun kembali. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top