Pertamina Raih Penghargaan BUMN dengan Belanja B2B Terbaik untuk UMKM pada 2023

virprom.com – Pertamina akan menjadi kecil pada tahun 2023 Penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan pemanfaatan business-to-business (B2B) terbaik untuk usaha kecil dan menengah (UMKM). 

Hingga Juni 2024, transaksi yang dibukukan Pertamina melalui platform UMKM PaDi mencapai sekitar Rp5,1 triliun. 

Penghargaan tersebut diterima pada rangkaian pameran dan konferensi Pasar Digital UMKM Indonesia (PaDi) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN.

Kegiatan ini diselenggarakan agar UMKM dapat berkomunikasi dan berkolaborasi untuk pengembangan khususnya dalam rantai pasok pemasaran produk UMKM. 

Dalam acara ini, Pertamina, Sarina, Pameran offline di Jakarta diikuti oleh 17 UMKM unggulan dan tiga UMKM yang terlibat dalam business match bidang pengadaan peralatan dan perlengkapan kelautan.

Baca Juga: Pertamina Catat Transaksi Acara UMKM PaDi Rp 12 Triliun

Lotto Srinaita Ginting, Pakar Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian UMKM, mengatakan PaDi UMKM Expo digelar untuk kelima kalinya.

Lotto sebelumnya menjelaskan, UMKM PaDi praktis diterapkan pada tahun 2021 dan hybrid diluncurkan pada tahun 2022. 

Sejak dibukanya PaDi UMKM pada tanggal 17 Agustus 2020, Platform tersebut telah berkembang menjadi jembatan yang mempersatukan BUMN dan UMKM.

“Platform ini juga mendorong UMKM untuk go digital dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (12/7/2024).

Sementara itu, Vice President Corporate Communications Pertamina Fajar Gjoko Santoso mengatakan penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen Pertamina terhadap perekonomian nasional dengan mendukung UMKM melalui pasar digital PaDi.

Kami berharap dengan dukungan Pertamina ini, UMKM dapat terus tumbuh dan meningkatkan perekonomian, khususnya di daerah terpencil,” ujarnya. 

Baca Juga: 4 Langkah Pertamina Pastikan Sasaran Penyaluran BBM Bersubsidi

Expo dan Konferensi PaDi UMKM Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 11-14 Juli 2024 di Jakarta dan 18-21 Juli 2024 di Balikpapan. 

Diskusi bisnis pada acara yang bertemakan “Bersama BUMN Membangun Ekosistem BUMN” aspek ekonomi; Termasuk ceramah dan pameran. 

Untuk pertama kalinya, PaDi UMKM Expo menghadirkan konferensi bisnis yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi UMKM, supplier dan BUMN.

Dalam hal ini, kontak BUM; Menjadi pembeli untuk berbagi pengalaman dan melaksanakan kegiatan penyelarasan bisnis. 

Hal ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem sekaligus meningkatkan transaksi antara pembeli Grup BUMN dengan UMKM.

Sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung tujuan nihil emisi bersih pada tahun 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Baca Juga: Pertamina targetkan 100 SPBU Pertamax Green 95 pada tahun 2024

Seluruh upaya tersebut bersifat ramah lingkungan, berkesinambungan, dan berkesinambungan di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina. Sesuai dengan penerapan sosial dan tata kelola (ESG). Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top