Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas Bisa Jadi Tanda Apa?

virprom.com – Sakit punggung kiri atas bisa menjadi pertanda berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin menyebabkan hal ini antara lain ketegangan otot, postur tubuh yang buruk, radang sendi, dan masalah jantung.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai kondisi yang dapat menyebabkan nyeri punggung kiri atas.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Sakit Punggung? Berikut daftar 8… jenis kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan nyeri punggung kiri atas

Dikutip dari Healthline, beberapa penyebab nyeri punggung kiri atas antara lain cedera pada sumsum tulang belakang di daerah serviks (leher) atau toraks (bagian tengah tubuh).

Kondisi berikut dapat menyebabkannya: Ketegangan otot

Otot menegang karena otot diregangkan atau robek. Jika ketegangan terjadi di sisi kiri atas punggung, Anda mungkin merasakan nyeri di area tersebut atau di kedua sisi.

Ketegangan dapat terjadi karena Anda melakukan hal berikut: berulang kali mengangkat benda berat pada satu sisi, memberikan terlalu banyak tekanan pada bahu atau lengan kiri, melakukan gerakan canggung secara tiba-tiba pada bahu atau lengan kiri.

Gejala lain yang menyertai nyeri punggung kiri atas antara lain kram otot, kejang, bengkak, kesulitan berjalan, dan nyeri saat bernapas. 

Baca juga: 14 Penyebab Sakit Punggung pada Wanita dan Cara Mengobati Herniasi Diskus

Herniasi diskus adalah suatu kondisi dimana tulang belakang (cakram) tergelincir keluar dari tempatnya sehingga menyebabkan saraf terkompresi.

Jika herniasi diskus terjadi di tulang belakang tengah atau atas, Anda mungkin mengalami nyeri punggung atas di satu sisi.

Kondisi ini juga dapat ditandai dengan nyeri dada, nyeri perut bagian atas, dan kontrol kandung kemih atau usus yang buruk. skoliosis

Skoliosis adalah suatu kondisi tulang belakang yang menyebabkan tulang belakang melengkung ke satu sisi.

Skoliosis dapat menyebabkan tulang belakang melengkung ke kiri yang disebut dengan levoskoliosis.

Kondisi ini juga ditandai dengan: bahu tidak rata, pinggang atau pinggul tidak rata, tulang belikat menonjol, lengan atau kaki tidak seimbang, kepala tidak berada di tengah.

Baca juga: Berapa Lama Sakit Pinggang Hilang? Berikut penjelasannya… Stenosis Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang adalah penyempitan saluran tulang belakang tempat sumsum tulang belakang berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top