Tips Sederhana Berkendara Mobil Listrik buat Pemula

Jakarta, Kompas. com – Saat ini pilihan produk battery electric vehicle (BEV) di pasar dalam negeri semakin bertambah mulai dari pabrikan China hingga Eropa.

Masing-masing produk tersebut menawarkan keunggulan berbeda mulai dari desain, fitur hingga teknologi canggih. Namun terlepas dari semua itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pengemudi baru sebelum mengendarai mobil listrik.

Sebab, karakteristik mobil listrik sangat berbeda dengan mobil konvensional, kata Fritz Roboth, Senior Manager Brand PR dan Digital PT Nita Auto Indonesia.

Baca Juga: Diskon Hatchback Agustus 2024, Suzuki Baleno Hingga Rp32 Jutaan

“Pertama-tama, pengemudi dapat memastikan baterai mobil terisi penuh,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/8/2024).

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kejadian pemadaman listrik saat cuaca atau kondisi jalan tidak optimal.

Kedua, pemilik mobil listrik bisa rutin memeriksa tekanan udara pada ban, dan juga memastikan ban memiliki daya cengkeram yang baik.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS pada Sepeda Motor

Apalagi saat cuaca hujan, pastikan permukaan ban masih dalam kondisi prima agar tidak tergelincir di jalanan.

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan mode berkendara yang sesuai. Saat ini mobil listrik umumnya dilengkapi dengan beberapa mode berkendara, ada yang seperti Normal, Eco, Sport atau mode lainnya.

“Misalnya Nita baru

Baca Juga: Insentif Mobil Listrik, Perubahan atau Krisis Bagi Industri Otomotif?

Terakhir, pemilik mobil harus mewaspadai fitur-fitur canggih pada mobil listriknya.

Contoh paling umum adalah mengemudi cerdas dengan fungsionalitas sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut (ADAS). Biasanya, fitur ini mencakup Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB).

Lalu ada Forward Vehicle Start Alert (FSA), Full Speed ​​Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), High Beam Assist (HBA), dan masih banyak lagi.

“Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi berkendara dengan aman di berbagai kondisi jalan dan cuaca,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top