Tol Baru di Sumut Resmi Beroperasi, Medan-Pematang Siantar 1,5 Jam

Jakarta, virprom.com – Presiden Joko Widodo pada Selasa (10/9/2024) meresmikan dua ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumatera Utara.

Ruas yang dibuka antara lain Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) Seksi III dan sebagian Tebing Tinggi – Sarbelawan – Sinaksak Seksi IV dengan total panjang 45,6 km.

Pembukaan tersebut menjadi tonggak penting dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Sumut, yang diharapkan dapat mendongkrak perkembangan perekonomian dan pariwisata di wilayah tersebut.

Baca juga: Kunjungan ke Pabrik Zikar di China, Lingkungan Gelap dengan Pencahayaan Minim

Dalam keterangan resminya (10/9/2024), Jokowi mengatakan, Alhamdulillah pagi ini kita akan segera membuka Tol Tebing Tinggi-Serbalawan-Sinakasak yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 kilometer.

Jalan tol ini dirancang dengan lebar lajur 3,5 meter dan jumlah lajur 2×2 sehingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam.

Dengan kecepatan tersebut, perjalanan Medan menuju Pematang Siantar yang tadinya memakan waktu hingga 3 jam, kini bisa dipersingkat menjadi 1 jam 30 menit.

Baca juga: Bocoran Fitur dan Harga Polytron Fox 500 atau T-Rex, Hingga $40 Juta

Pengurangan waktu tempuh ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pergerakan barang dan orang serta menciptakan peluang pengembangan perekonomian dan pariwisata di jalan tol.

Kata Jokowi, dengan dibangunnya tol ini diharapkan mobilitas logistik di berbagai daerah semakin meningkat sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain dan meningkatkan pertumbuhan pariwisata menuju destinasi wisata prioritas Danau Toba. virprom.com Mengakses WhatsApp saluran langsung pilih saluran berita favorit Anda di ponsel Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top