Kenali Penyebab RPM Mobil Matik Naik Turun

SOLO, virprom.com – Pemilik perlu mengetahui gejala kerusakan mobil matic. Hal ini membantu mengurangi risiko yang lebih serius.

Salah satu gejala yang mungkin terjadi adalah putaran per menit (disebut juga putaran tachometer) otomatis naik dan turun saat Anda tidak melakukan akselerasi atau menekan pedal gas.

Iwan, pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda di Solo, mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan putaran naik turun.

Baca juga: Marc Márquez ditunjuk sebagai pembalap Tim Pabrikan Ducati, Jorge Martín, dengan tulus

Pertama, intake air control (IAC) kotor atau rusak. Jika aliran udara di dalam IAC terhambat, pergerakan motor dan plunger bisa terhambat, kata Iwan baru-baru ini kepada Kompas com.

Ivan menjelaskan, situasi ini bisa mengganggu pasokan udara yang masih ada. Ini mungkin terlalu kecil atau terlalu besar. Hal yang sama juga berlaku jika IAC tidak berfungsi, tetapi jika biasanya rusak maka IAC akan terbaca melalui pemindai.

Kedua, katup ventilasi kotak engkol positif (PCV) rusak atau selangnya putus. Maka Anda akan memiliki kecepatan idle yang tinggi, kata Ivan.

Selain itu, jika unit kontrol elektronik (ECU) Anda rusak, mobil Anda dapat melaju atau melambat dengan sendirinya.

Baca juga: Pengaruh Kekurangan Oli Transmisi pada Mobil Matic

ECU-nya rusak, sistem kontrol idle di ECU juga rusak, sehingga idle-nya tidak bisa dikendalikan, kata Iwan.

Terakhir, kata Ivan, ada bagian matic yang rusak sehingga menyebabkan akselerasi dan perlambatan. Asal usulnya mungkin terletak pada listrik dan kontrol.

Masalah idle yang terlalu rendah, terlalu tinggi, atau naik turun (guncangan) bisa disebabkan oleh berbagai situasi, kata Ivan.

Baca juga: Bus Kecelakaan di Subang, Bus Tak Ada Izin dan KIRnya Sudah Habis

Untuk itu, Iwan menyarankan untuk melakukan langkah diagnostik dari empat opsi di atas satu per satu dalam lokakarya. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top