Perkuat Kerja Sama dengan Afrika, Indonesia Siapkan Beberapa Side Events di IAF Bali

virprom.com – Indonesia tengah mempersiapkan beberapa side event dalam rangkaian II Indonesia-Africa Forum (IAF) di Bali pada 1-3 September 2024.

Tujuan diadakannya side event tersebut merupakan langkah nyata Pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam mempererat kerja sama Indonesia dan Afrika di berbagai tingkatan dan bidang.

Berbagai side event yang disiapkan kementerian dan lembaga negara terkait antara lain Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF), Country-Specific Business Forum, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pertambangan rakyat antara RI dan Kenya, serta penandatanganan Nota Kesepahaman MoU. antara EMP dan GUMA. .

Kemudian, pertemuan Konsul Kehormatan RI kawasan Afrika, Workshop Indonesia-Africa Value Added Mining, Diskusi Panel Tony Blair Institute mengenai ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) dan penandatanganan berbagai MoU yang diperkirakan bernilai hingga 3,5 miliar dolar di Amerika Serikat.

Baca Juga: Menkes Sebut Tak Ada Batasan Khusus Bagi WNA Asal Afrika Jelang IAF di Bali

Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri RI Dewi Justicia Meidiwaty mengatakan beberapa side event ini akan menjadi peluang untuk memperluas jaringan, melakukan diskusi konstruktif dan menjajaki potensi kerja sama khususnya di bidang ekonomi.

Forum ini juga berfungsi untuk bertukar pengalaman dan best practice khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, kerja sama ekonomi bilateral dan regional, serta memperkuat kapasitas sumber daya manusia, ujarnya di Jakarta, Kamis (29/8/2024). .

Mengusung tema “Bandung Spirit for Africa’s Agenda 2063”, IAF yang kedua ini akan mengundang 54 negara Afrika untuk bersama-sama membahas potensi kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang.

Penyelenggaraan IAF ke-2 akan dipadukan dengan High Level Forum on Multistakeholder Partnerships (HLF-MSP). Diselenggarakannya IAF 2024 merupakan kelanjutan dari kesuksesan IAF pertama yang diselenggarakan pada tahun 2018.

Forum tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan modalitas Semangat Bandung yang digagas para founding fathers bangsa. Hal ini dilakukan dengan fokus pada manfaat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan Afrika melalui kerja sama pembangunan yang saling menguntungkan.

IAF kedua di Bali ini akan memperkuat kolaborasi di empat sektor prioritas, yaitu ketahanan pangan, ketahanan energi, keamanan kesehatan, dan keamanan pertambangan.

“Kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam IAF II dan bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia dan Afrika,” kata Meidiwaty dalam siaran pers yang diterima virprom.com, Jumat (30/8/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top