Video Mobil Lewat Jalan Berlumpur dan Berakhir Putar Balik

JAKARTA, virprom.com – Kondisi jalan berlumpur masih banyak terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, sehingga jika ingin melewatinya harus menggunakan kendaraan dengan spesifikasi mumpuni.

Berbeda dengan unggahan akun TikTok @ervalkamoda27 yang memperlihatkan sebuah Toyota Rush melewati jalan berlumpur dan membawa muatan besar.

Dalam video tersebut terlihat sebuah mobil berwarna putih melaju ugal-ugalan melewati jalan berlumpur dan medan licin. Namun di tengah perjalanan mobil akhirnya berubah.

Baca juga: Jelang GIIAS 2024, MG Bakal Perkenalkan Maxus 9 Lagi @ervalkamoda27 #fyp #funyoupage ? suara asli – editor simarmata

 

Direktur Pelatihan Dewan Keamanan Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan kendaraan off-road berbeda dengan kendaraan jalan raya.

Karena di jalan hambatannya besar, tidak rata, licin, bebatuan, tanah, bukit atau tanjakan terjal dan lain-lain, sehingga perlu persiapan yang matang, kata Sony, di virprom.com, Senin (15/7/2024).

Sony mengatakan Sport Utility Vehicle (SUV) saja tidak cukup untuk melintasi medan.

Vertex dengan ground clearance tinggi atau dua gardan saja tidak cukup, juga harus dilengkapi ban khusus berkarakter Mud Terrain (MT), itulah tiga prinsip dasar berkendara di jalan raya, kata Sony.

Baca Juga: Disiapkan untuk GIIAS 2024, Lexus LBX Siap Diluncurkan

Menurutnya, tanpa ketiga bagian tersebut, mobil yang melewati jalan raya akan lebih baik dibandingkan berbelok atau kendaraan bisa macet.

“Pengemudi masih harus memiliki keterampilan yang diperlukan, hanya saja mereka kurang percaya diri,” ujarnya.

Sony mengatakan ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang pengemudi saat melewati medan tersebut.

“Tidak bisa gas atau rem kasar, bisa tahu kapan 4×4 diaktifkan, bagaimana memilih atau mengambil tikungan, tidak bisa memaksakan diri dan sebagainya,” kata Sony. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top