Serangan Israel Tewaskan 18 Orang di Lebanon Utara Jauh dari Kubu Hizbullah

BEIRUT, virprom.com – Palang Merah Lebanon mengumumkan 18 orang tewas dalam serangan Senin (14/10/2024) di Lebanon utara.

Merujuk pada sebuah desa di wilayah Zagharte yang mayoritas penduduknya beragama Kristen, Palang Merah Lebanon mengatakan: “Sebanyak 18 orang tewas dan empat lainnya terluka dalam serangan di Ayto.” 

Kementerian Kesehatan Lebanon dan Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) juga melaporkan, serangan Israel kali ini melanda wilayah berpenduduk mayoritas Kristen yang jauh dari basis Hizbullah.

Baca juga: 27 Negara Anggota UE Minta Israel Berhenti Menyerang UNIFIL di Lebanon

Kementerian Kesehatan sebelumnya mengatakan sembilan orang tewas dalam serangan Israel di sana, dan ANN mengatakan serangan Israel menargetkan “apartemen perumahan” di desa tersebut.

Sejauh ini, serangan Israel sebagian besar terkonsentrasi di wilayah Syiah, tempat Hizbullah membangun basis kekuatannya di negara tersebut.

Seorang fotografer AFP di lokasi penyerangan mengatakan bahwa serangan tersebut meratakan sebuah bangunan tempat tinggal di pintu masuk desa.

Mayat terlihat berserakan di antara reruntuhan dan relawan Palang Merah Lebanon berusaha mencari korban yang selamat di bawah reruntuhan, sementara ambulans mengevakuasi korban luka.

Palang Merah Lebanon mengatakan: “Tentara Lebanon membentuk lingkaran keamanan di daerah tersebut, yang juga menyebabkan kebakaran.

Kementerian Kesehatan mengumumkan pada Sabtu (10/12/2024) bahwa dua orang tewas dan empat lainnya terluka dalam serangan Israel di Deir Beila, sekitar 15 kilometer dari kota Batroun di pantai utara Lebanon.

“Tes DNA sedang dilakukan untuk mengidentifikasi jenazahnya,” tambah pernyataan itu.

Baca juga: Mengapa Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Hadir di Lebanon?

Setelah hampir setahun pertempuran lintas batas dalam perang Gaza, Israel melancarkan serangan udara besar-besaran pada tanggal 23 September, sebagian besar menargetkan markas besar Hizbullah di Lebanon selatan dan timur, serta pinggiran selatan Beirut.

Pendakian tersebut diperkirakan telah menewaskan lebih dari 1.300 orang.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top