Melakukan Engine Brake, Jangan Sampai Merusak Transmisi Matik

SOLO, virprom.com – Engine brake merupakan salah satu teknik yang digunakan pengendara sepeda motor untuk mengurangi kecepatan saat menuruni bukit. Teknik ini juga bisa digunakan pada mobil bertransmisi otomatis.

Ivan, pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda Solo, mengatakan engine brake bisa dilakukan di tanjakan untuk mengurangi kerja rem agar tidak panas karena menahan beban penuh mobil.

Oleh karena itu penggunaan engine brake juga harus dilakukan dengan benar agar tidak merusak transmisi matic.

Baca Juga: [POPULER OTOMOTIF] Video Pencacahan Kontainer Hyundai Creta | Chery Tiggo 5X Resmi Diluncurkan | 10 Mobil Terlaris di Indonesia Mei 2024

Penggunaan engine brake harus dilakukan dengan langkah yang benar, agar tidak merusak matic, ganti gigi secara perlahan dan bertahap untuk mencapai efek engine brake, kata Ivan baru-baru ini kepada virprom.com.

Selain itu, saat turun jangan langsung mengubah posisi tuas persneling ke 1 atau L, pengemudi harus memperhatikan putaran mesin.

Karena kalau putaran mesin masih tinggi bisa merusak transmisi. Pindah ke 1 atau L saat putaran mesin rendah. Idealnya putaran ideal sampai 1.000 rpm itu paling aman, ujarnya. Ivan.

Ivan juga mengatakan, mematikan mesin terlalu lama juga bisa menyebabkan oli mobil menjadi terlalu panas, jadi gunakanlah hanya jika diperlukan saja.

Baca juga: Rayakan 40 Tahun, BMW Tunas Tawarkan Program Loyalitas Eksklusif

Hal senada juga diungkapkan Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel khusus matic Warner Matic, yang mengatakan transmisi matic bisa rusak jika dilakukan pergantian gigi tanpa memperhatikan kecepatan kendaraan.

“Langsung keluar dari gigi rendah saat mobil masih di gigi tinggi, sehingga terasa transmisinya dipacu keras banget.

Di kemudian hari, lapisan kopling akan rentan mengalami kerusakan karena sebelum tekanan pompa oli transmisi bekerja, kopling terpaksa menyalurkan tenaga ke mesin. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top