Resmikan Bendungan Temef, Jokowi: Air Kunci Kemakmuran NTT

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan air menjadi kunci kesejahteraan Nusa Tenggara Timur (NTT) karena masyarakat bisa menanam padi, ginkong, dan jagung dengan air.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Bendungan Tempe di Provinsi Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Rabu (2/10/2024).

“Di NTT, air sangat diperlukan. Karena dengan air kita bisa menanam padi, singkong, jagung. Kunci sukses di NTT adalah air,” kata Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Baca juga: Jokowi Resmikan Bendungan Tamf Rp 2,7 Triliun di NTT

Jokowi mengatakan pemerintah telah membangun 4 bendungan di NTT selama 10 tahun, yakni Bendungan Tempe, Bendungan Rotiklot, Bendungan Raknamo, dan Bendungan Napon Geta.

Bendungan Tempe dibangun pada tahun 2017 dengan biaya Rp 2,7 triliun.

“Sudah 7 tahun bendungan ini dibangun karena bendungan ini sangat besar. Luas waduknya 298 hektare. Mampu menampung 45 juta meter kubik air,” kata Jokowi.

Baca juga: Bendungan Keempat Diresmikan Jokowi di NTT

Menurutnya, kapasitas tampung air yang besar memberikan banyak manfaat bagi petani.

Selain mengairi sekitar 4.500 dunam sawah dan kebun, bendungan tersebut mampu meredam banjir di Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Malka.

“Isi airnya hanya 20 persen. Nanti Januari nanti sudah terisi 100 persen. Kami merekomendasikan Bendungan Tempe dimanfaatkan dengan baik demi keselamatan masyarakat kita di Timor Tengah Selatan dan juga masyarakat sekitar,” kata Jokowi. . Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran whatsapp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top