Pertamina Gandeng JCCP untuk Hadapi Tantangan Transisi Energi

virprom.com – PT Pertamina (Persero) dan Japan Cooperation Center for Petroleum and Sustainable Energy (JCCP) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang “Kerjasama Pengembangan Kapasitas dan Kerja Sama Teknis di Sektor Energi” di Grha. Pertamina, Jakarta, Senin (13/5/2024).

Namun Seri Martini, Direktur Keuangan Pertamina, mengatakan kerja sama antara Pertamina dan JCCP merupakan bagian dari upaya Pertamina menghadapi tantangan transmisi listrik, khususnya energi tiga arah melalui langkah-langkah inovatif dan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Kerjasama dengan JCCP melalui tiga aspek potensial yang bekerja sama. Pertama, aspek pengembangan kapasitas meliputi penyimpanan energi berkelanjutan dan digitalisasi. Namun dalam siaran persnya Selasa (14/5/2024) disebutkan: “Kedua, pemberdayaan perempuan yang fokus pada pengembangan karir dan pemberdayaan perempuan.

Ketiga, lanjutnya, aspek bantuan teknis, termasuk inisiatif penelitian yang didukung JCCP, termasuk kajian penggunaan teknologi modifikasi karbon dioksida (CO2) di Indonesia, pengembangan kehutanan pohon karet untuk produksi minyak yang netral karbon, dan pembangunan berkelanjutan. Bahan Bakar Penerbangan (SAF).

Baca juga: PT Pertamina Patra Niaga JBT siapkan Avtur Logistic untuk penerbangan haji di Bandara Adi Soemarmo

Tsuyoshi Nakai, Direktur Eksekutif (CEO JCCP) mengapresiasi kerja sama dengan Pertamina. Ia mengatakan, Pertamina dan JCPP memiliki hubungan bisnis yang panjang.

Memorandum ini merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan hubungan kerja sama. Dikatakannya: Untuk mempererat hubungan, dibentuk forum dialog kerja sama sebagai sarana membahas capaian kerja sama dan rencana ke depan.

Tsuyoshi Nakai menambahkan, penandatanganan perjanjian tersebut merupakan bagian dari acara Asia Zero Emission Community (AZEC) pada Desember 2023 yang juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia dan Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Agus Kahiono Adi mengatakan, Kementerian ESDM akan mendukung upaya yang sedang dilakukan. umum. keluar

Baca juga: Pertamina Tegaskan Akan Terus Salurkan Pertalite ke Masyarakat

Agus mengatakan, Pertamina menjadi harapan besar bagi pemerintah untuk dijadikan pemimpin dan pionir menuju tujuan net zero emisi (NZE) di masa depan.

Sementara itu, Vice President Corporate Communications (VP) Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, MOU tersebut merupakan momen bersejarah yang penting dalam proses kerja sama yang telah berlangsung.

Penandatanganan nota kesepahaman ini menunjukkan bahwa kita telah bergerak ke tingkat kerja sama yang lebih kuat dan juga membuktikan komitmen kedua belah pihak untuk menciptakan inovasi, upaya nyata dan menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan bagi Pertamina dan JCCP untuk mempercepat transisi energi. Fajr menjelaskan: Mengenai penyiapan sumber daya manusia dan proyek – proyek energi.

Sebagai informasi, nota tukar menukar tersebut ditandatangani oleh Emma Seri Martini, CFO Pertamina bersama Tsuyoshi Nakai, CEO JCCP.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Fasilitas Vital Nasional, Pertamina Sepakat dengan Polri

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Perekonomian Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Ueda Hajime, Penasihat Khusus Haruhiko Ando dan Kepala Biro Komunikasi, Agus Kahyuno Adi, Kementerian ESDM KLIK. Selain itu, hadir juga pimpinan senior dan dewan eksekutif kedua partai.

Yang jelas, Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transmisi energi tetap berkomitmen mendukung tujuan NZE 2060.

Hal tersebut dilakukan Pertamina dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan undang-undang lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top