“Sumpit” SpaceX Berhasil Tangkap Roket Pendorong Starship Saat Mendarat ke Bumi

Mexico City, virprom.com – SpaceX kembali melakukan uji terbang pada Minggu (13/10/2024) pagi. Roket Starship setinggi hampir 121 meter lepas landas dari ujung selatan Texas dekat perbatasan Meksiko.

Namun pengujian ini menunjukkan bahwa SpaceX telah membuat sejarah baru karena roket pendorong tahap pertama mampu memasuki kembali landasan pacu yang telah diterbangkannya tujuh menit sebelumnya.

Hal ini berkat kerja keras pendiri dan CEO SpaceX, Elon Musk, yang ingin meningkatkan tantangan dan risiko industri luar angkasa.

Baca juga: PM Israel Minta PBB Hapus UNIFIL dari Zona Bahaya

Menara peluncur diketahui memiliki lengan logam besar yang dijuluki “Sumpit”, yang mampu menangkap booster setinggi 71 meter saat turun ke tanah.

“Menaranya kena roket!!,” ujar Elon Musk lewat Media Sosial X.

Atas keberhasilan lengan mekanik (sumpit), karyawan SpaceX bersorak saat roket pendorong perlahan turun dari lengan menara peluncuran.

“Tetap saja, apa yang kami lihat adalah keajaiban. Saya gemetar saat ini,” kata Dan Hutt dari SpaceX, seperti dikutip AP News.

“Teman-teman, ini adalah hari untuk mencatat sejarah teknik,” tambah Kate Tice dari kantor pusat SpaceX di Hawthorne, California.

SpaceX mengatakan booster dan menara peluncurannya harus dalam kondisi baik dan stabil. Jika tidak, keduanya akan mencapai teluk seperti sebelumnya.

Baca Juga: SpaceX Capai ISS, Misi Penyelamatan Astronot yang Terjebak di Orbit Dimulai

Di masa lalu, perjalanan tersebut akhirnya gagal pada bulan Juni setelah banyak bagiannya hilang. Namun SpaceX meningkatkan perangkat lunaknya dan mengerjakan ulang pelindung panas, sehingga meningkatkan lapisan termal.

SpaceX telah menarik booster kecil tahap pertama roket Falcon 9 selama sembilan tahun setelah mengirim satelit dan awak ke orbit dari Florida atau California.

Namun, roket mendarat di platform terapung di lautan atau di lempengan beton bermil-mil jauhnya dari landasan peluncurannya, bukan di atasnya.

Mendaur ulang booster Falcon mempercepat laju peluncuran dan menghemat jutaan dolar SpaceX

Elon Musk bertujuan melakukan hal yang sama untuk Starship, roket terbesar dan terkuat yang pernah dibuat dengan 33 mesin berbahan bakar metana.

Kini, NASA telah memesan dua kapal luar angkasa untuk mendaratkan astronot di bulan pada akhir dekade ini.

Baca Juga: Nasib 2 Astronot NASA Masih Terjebak di Orbit

Selain itu, SpaceX ingin menggunakan Starship untuk mengirim manusia dan pasokan ke Bulan dan akhirnya ke Mars. Dengarkan berita terkini dan berita pemilu kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top