Badai Milton Hantam Florida AS, 16 Orang Tewas

Tampa, virprom.com – Korban tewas akibat badai di negara bagian Florida, AS, bertambah menjadi 16 orang pada Jumat (10/11/2024).

Pihak berwenang di Florida mengatakan jutaan orang tidak mendapat aliran listrik, namun penduduk terus memungut sampah.

Lebih dari dua juta rumah dan tempat usaha tidak mendapat aliran listrik. Banjir masih terjadi di banyak wilayah akibat badai dahsyat yang melanda Florida.

Baca juga: Ahli Meteorologi AS Hampir Menangis Saat Melaporkan Badai Milton Menguat ke Kategori 5.

Kata Gubernur Florida. Ron DeSantis dengan daerah yang airnya terus naik.

Meski dampak badai cukup signifikan, DeSantis menambahkan, untungnya situasi tersebut tidak buruk.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden mengatakan kerugian akibat topan tersebut diperkirakan mencapai 50 miliar dolar AS (Rp 779,23 triliun).

Sementara itu, Biden berencana mengunjungi Florida pada Minggu (13/10/2024). Dia meminta Kongres AS untuk meningkatkan upayanya untuk mendukung bisnis yang bekerja keras pada khususnya.

Namun, lembaga-lembaga yang memberikan pinjaman kepada para korban Badai Milton mengatakan mereka sangat kewalahan dengan bencana ini dan bencana lainnya sehingga mereka kehabisan uang.

Di Siesta Key, pulau dekat Sarasota tempat Badai Milton menghantam, lanskapnya kini tandus.

Beberapa jalan masih tergenang air pada hari Jumat. Di pinggir jalan berserakan pohon-pohon tumbang dan puing-puing seperti sofa, tempat tidur, kursi dan berbagai peralatan yang sebagian besar juga merupakan dampak dari Badai Helen.

“Ini mengerikan,” kata warga John Maloney, 61, yang memiliki perusahaan perbaikan rumah.

“Saya pikir kita akan membangunnya kembali,” katanya.

Baca juga: Badai Milton Menguat ke Kategori 5, Florida Bersiap Hadapi Bencana Terburuk di AS, Biden Desak Warga Evakuasi Florida Bersiap Hadapi Kemungkinan Badai Milton

Badai menyebabkan banyak badai, bukan banjir.

Setidaknya enam orang tewas di St. Petersburg. Lucie County, empat di Volusia County, dua di Pinellas County dan masing-masing satu di Hillsborough, Polk, Orange dan Citrus county.

Badai tersebut merobohkan kabel listrik dan merusak atap stadion bisbol Tampa.

Di Sarasota, sekitar 100 mobil mengantri untuk mengisi bahan bakar di salah satu dari sedikit pompa bensin yang menjualnya.

Orang lain sedang mengantri sambil membawa jerigen

“Kami mendapat kabar bahwa kami punya bahan bakar di sini, jadi kami ada di sini dan semua orang juga ada hari ini,” kata warga Dave Stone.

Baca Juga: 27 Tornado Dilaporkan Menerjang Florida Saat Badai Milton Menambah Keganasan Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top