Menag Yaqut: Selamat Datang Paus Fransiskus di Bumi Pancasila

Tangerang, virprom.com – Menteri Agama Yakut Cholil Kumas (Menag) menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia pada Selasa sore (9 Maret 2024). Menurut Yakut, kehadiran Paus Fransiskus merupakan berkah bagi Indonesia.

Usai menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Provinsi Banten, Yakut mengatakan: “Saya tidak peduli apa nama pemerintahannya, tapi saya ingin menyambut Paus Fransiskus di Indonesia, di negara Pancasila. , ke negara keberagaman.” Selasa (9 Februari 2024).

“Tentunya kita semua senang dan bangga. Maksud saya, kita diberkati memiliki Paus Fransiskus di negara kita,” lanjutnya.

Baca juga: Alasan Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia: Simbol Persahabatan dan Keberagaman

Ini merupakan kunjungan apostolik pertama Paus Fransiskus dalam 35 tahun, sejak Yohanes Paulus II pada tahun 1989 dan Paulus VI pada tahun 1970. Menteri Agama Yakut juga menyampaikan pesan penting dari Paus bahwa dialog antar umat beragama adalah kuncinya. . Toleransi dan perdamaian dunia.

“Tentunya ini sekali lagi menjadi kebahagiaan dan kebanggaan bagi kita semua. Dan tadi beliau menyampaikan bahwa penting untuk menjaga dialog antar umat manusia karena dialog antar umat adalah kunci toleransi dan perdamaian di dunia adalah,” kata Yakut.

Pada Rabu (9 April 2024), Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, didampingi Menteri Agama Yakut. Secara terpisah, Paus juga akan berpartisipasi dalam dialog antaragama di Masjid Istiklal.

Baca juga: Sambut Paus Fransiskus di Indonesia, Sinyal 4G dan 5G Diperkuat di Katedral dan GBK.

Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (9 Maret 2024) sekitar pukul 11.15 WIB menandai dimulainya kunjungan apostoliknya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Pantauan virprom.com, Paus dan rombongan tiba dengan jet komersial ITA Airlines dan langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta menggunakan mobil Innova Zenix, tempat Paus akan bermalam selama berada di Indonesia.

Paus kemudian dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu (4 April 2024). Usai pertemuan, Paus Fransiskus akan bertemu dengan korps diplomatik, tokoh masyarakat sipil dan masyarakat serta pejabat di Istana Negara pada pukul 10.35 WIB. Paus Fransiskus dijadwalkan memberikan pidato pada kesempatan ini.

Paus pertama yang merupakan anggota ordo Jesuit kemudian akan bertemu dengan anggota Persatuan Jesuit Indonesia di Apostolic Nunsiatura, Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.

Sore harinya, Paus Fransiskus akan mengadakan konferensi khusus dengan para uskup, imam, diakon, biarawati, seminaris, dan katekis di Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga di Katedral Jakarta.

Baca juga: Paus Fransiskus Tiba di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta Pusat

Usai pertemuan di katedral, Paus Fransiskus akan bertemu dengan pemuda Scholas Oculantes di Graha Pemuda Youth Center Kompleks Katedral Jakarta pada malam hari atau pukul 17.35 WIB.

Puncak kunjungan Paus Fransiskus adalah Misa Kudus pada tanggal 5 September di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta.

Kunjungan Paus akan berakhir pada Jumat 6 September 2024 dengan penerbangan yang sama menuju Port Moresby, Papua Nugini. Dengarkan berita dan pilihan terkini langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top