Jangan Sepelekan Memanaskan Motor Sebelum Mulai Berkendara

Jakarta, Kompas. com – Memanaskan mesin sepeda motor sebelum digunakan merupakan langkah penting. Namun tak heran jika pengemudi menganggap fungsi ini terbilang kecil, padahal dirancang untuk menjaga performa mesin terbaik.

Selain itu, pemanas sepeda motor juga berperan penting dalam memperpanjang umur mesin dan mencegah kerusakan komponen yang berjalan tanpa pelumasan.

Menurut Vahiu Bodhi, analis pelatihan PT Vahana Mcmore Sejati, sebaiknya Anda rutin melakukan pemanasan pada sepeda motor, terutama sebelum digunakan untuk perjalanan jauh.

Baca juga: Produsen Minyak Ini Ajak Konsumen Saksikan Langsung MotoGP Indonesia 2024

Pemanasan mesin sekitar 1-3 menit sudah cukup agar oli mengalir ke seluruh bagian mesin sehingga mesin bekerja lebih baik dan tahan lama, ujarnya kepada virprom.com, pekan lalu. Hal itu disampaikannya kepada virprom.com pada pekan lalu.

Wahew juga menambahkan, tidak butuh waktu lama untuk memanaskan motor. Jangka waktu yang singkat saja sudah cukup, apalagi pada sepeda motor modern yang dilengkapi teknologi injeksi.

Ia menambahkan: “Sepeda injeksi, sistemnya dirancang untuk bekerja cepat, sehingga mesin siap melaju lebih cepat dibandingkan pada sepeda karburator.”

Selain itu, Wahyu menyarankan agar sepeda motor tidak langsung dihidupkan saat start.

“Saat mesin baru dihidupkan, hindari menekan throttle secara berlebihan karena dapat menyebabkan keausan pada bagian mesin yang tidak terlumasi secara sempurna,” ujarnya.

Baca juga: Fakta Jalur Mandalayka, Jalur dengan Daya Tarik Alam Luar Biasa

Dengan melakukan langkah sederhana seperti memanaskan mesin sebelum berkendara, pengendara sepeda motor dapat menjaga performa sepeda motornya tetap prima dan mengurangi risiko kerusakan serius di kemudian hari. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top