Pasarkan Produk Unggulan, 20 UMKM Binaan Pertamina Kebanjiran Pesanan di Inacraft 2024

virprom.com – PT Pertamina (Persero) kembali turut serta dalam pameran kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara, International Handicraft Trade Fair (INCRAFT) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, sebagai partisipasi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). 2 – 6 Oktober 2024.

Vice President (VP) Corporate Communications (Persero) PT Pertamina Vadgar Djoko Santoso mengungkapkan, 20 UKM Pertamina menawarkan beragam produk mulai dari fashion dan kerajinan tangan hingga aksesoris dekorasi rumah khas Indonesia.

Memiliki produk lokal yang berdaya saing tinggi merupakan upaya Pertamina dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Kami bangga bisa menyaksikan 20 UMKM terbaik Pertamina di pameran internasional ini. Inacraft merupakan kesempatan emas untuk menghadirkan produk-produk terbaiknya kepada khalayak lebih luas, baik lokal maupun internasional,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3 /). ). 10/2024).

Baca juga: Menhub Sebut BPH Migas Lindungi Monopoli Avtur di Pertamina

Hingga Juli 2024, Pertamina telah menyeleksi dan mengolah produk untuk 20 UMKM untuk menjamin kualitas produk sehingga mampu bersaing di pasar global.

Contohnya adalah UMKM Agrominaphober yang menerima pesanan kap lampu bambu dan keranjang rotan senilai Rp 150 juta dari pembeli di Argentina pada hari pertama Inacraft.

“Kami berharap melalui Inacraft, usaha kecil dan menengah di Pertamina dapat mendapatkan penawaran yang ideal dan menjadi pilihan utama pembeli internasional,” kata Fajjar.

Di bidang fesyen terdapat perusahaan mikro dan menengah seperti Jokotul Group, Ulfa Momtaga, Tenon Ikat Ayu Wende, Batik Sarjuni, Deza Batik Fashion, Batik Batuga, dan Songket Permata Palembang.

Sedangkan segmen dekorasi rumah meliputi Sprei Soulmate, Agrofibre, Sulaman Tangan dan Teo Art Borneo.

Baca juga: Pertamina Catat 5,5 Juta Kendaraan Terdaftar QR Pertalite

Sektor kerajinan juga menjadi daya tarik besar bagi Inacraft, kali ini Pertamina menghadirkan kain Sobag Indonesia, serta produsen tas Kunkoro Leather, Adhimas Batik, Diane Art, Sekar Mukti Craft, Anggun Collection, Toko Ida Utama, dan Mitrando Shoes. Pratama. Kemudian CV Bali Ayu berbelanja di bidang kecantikan buatan tangan.

Selain itu, enam UMKM sektor makanan dan minuman binaan Pertamina mampu memuaskan selera pengunjung Food Hall B.

Selain 20 UMKM tersebut, ada tujuh UMKM Pertamina lainnya yang mengikuti pameran secara terpisah. Namun dalam upaya mendukung perluasan mitra, Pertamina tetap memberikan dukungan dan memenuhi kebutuhan mitra.

Ketujuh UMKM ini telah memiliki produk unggulan dari segi pasar dan kualitas ekspor, seperti UMKM Batik Pekatan, Gria Kain Solo, Joglo Ayu Tenan, Aaziza Songket, Yankee Batik Prabu, Rumah Kebaya Vielga dan Batik Jinggar.

Baca juga: PGE-Pertamina NRE bermitra dengan perusahaan Prancis untuk mempercepat produksi hidrogen ramah lingkungan

Perlu dicatat bahwa Pertamina, sebagai pemimpin di sektor transisi energi, berkomitmen untuk mendukung target emisi net-zero pada tahun 2060 dengan menggalakkan program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Seluruh upaya tersebut selaras dengan penerapan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. Dengarkan berita terkini dan pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top