Kapan Pabrik Mobil Listrik BYD mulai Dibangun?

JAKARTA, virprom.com – Pabrikan asal China, Build Your Dream (BYD), berencana membuka pabrik produksi mobil listrik di Indonesia, tepatnya berlokasi di kawasan Subang, Jawa Barat.

Pabrik baru ini akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektar yang mencakup pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan dengan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PT BYD Motor Indonesia telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Suryabuat Swadaya, pengembang Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

Baca juga: Chery Omoda 5 Diskon Mulai Rp 65 Jutaan

Namun membangun pabrik masih jauh dari impian. Proses peletakan batu pertama alias groundbreaking belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami masih proses produksi, persiapan proses produksi, (groundbreaking) belum,” kata Luther Panjaitan, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia di Jakarta, Minggu (30/06/2024).

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao sebelumnya mengatakan perseroan berencana mulai mengoperasikan pabrik mobil listrik pada Januari 2026.

Baca juga: Pemerintah Izinkan Impor Truk Tambang Bekas, Tanggapan Isuzu

Eagle menambahkan, Kawasan Industri Smartpolitan Subang dipilih sebagai lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia karena beberapa alasan.

“Kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria luas, jarak, lingkungan dan infrastruktur yang kami butuhkan, sehingga kami yakin fasilitas yang dibangun akan mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia,” kata Eagle di JIExpo, Kemayoran (4 /30/2024 ).

Selain itu, Kawasan Industri Smartpolitan Subang juga terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional.

Lokasi ini mudah diakses melalui Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89 yang juga sedang dalam tahap pembangunan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top