Berkunjung ke Pabrik Zeekr di China, Suasana Gelap Minim Cahaya

 

HANGZHOU, virprom.com – Merek mobil China Zeekr akan menggemparkan pasar mobil akhir tahun ini. Ada dua model yang akan diluncurkan yakni Zeekr X dan 009.

Sebelum resmi dijual di Indonesia, PT Premium Auto Prima selaku Agen Merek Zeekr (APM) mengundang media Tanah Air, termasuk virprom.com, untuk melihat langsung pabrik Zeekr di China.

Baca juga: Komunitas Penggemar GR Rayakan Hari Jadinya yang Pertama

Pabrik manufaktur Zeekr berlokasi di Teluk Hangzhou, Ningbo, Cina. Pabrik ini mulai beroperasi sejak 19 Oktober 2021 dan saat ini menjadi salah satu pabrik mobil termodern yang sudah menggunakan teknologi 5G.

 

Pabrik Cerdas Zeekr 5G sepenuhnya mengintegrasikan proses manufaktur dengan menggabungkan teknologi terbaru, seperti 5G, kecerdasan buatan (AI), dan Big Data industri.

Bahkan, pabrik ini tidak hanya memproduksi merek Zeekr saja, tapi juga produk lain yang berada di bawah payung Geely Group. Beberapa model yang diproduksi di pabrik ini adalah Zeekr 001, Zeekr 009, Polestar 4, Volvo EM90 dan Jiyue, mobil listrik hasil kolaborasi Baidu.

Kapasitas hariannya 800 unit per hari, tapi tidak hanya itu. Kapasitas harian tahunannya 300.000 unit per tahun, kata pemandu di Ningbo, China, Selasa (9/10/2024).

Baca juga: Komunitas Penggemar GR Rayakan Hari Jadinya yang Pertama

virprom.com diajak melihat dua bagian pabrik tersebut, pertama bagian pengelasan, dimana seluruh bagian kecilnya “dirakit” terlebih dahulu.

 

Tur pabrik kemudian dilanjutkan di jalur perakitan atau assembly line. Pada bagian ini kendaraan dirakit hingga selesai, kemudian dilakukan pemeriksaan sebelum dikirim ke konsumen.

Manual tersebut menyatakan bahwa Zeekr Intelligent Factory menggunakan teknologi Smart Digital untuk memungkinkan terciptanya produk yang terlihat transparan, cepat dan cerdas, didukung oleh Internet.

Transparansi ditandai dengan transparansi produksi dan pengiriman. Pada saat yang sama, kelincahan dapat dilihat dari integrasi efektif berbagai sistem dan rantai pasokan.

Baca juga: Toyota Sebut Flexy Fuel Bisa Jadi Solusi Kurangi Emisi

Keahlian pabrik ini dapat dilihat dalam optimasi digital dan pengembangan yang disesuaikan.

 

Beberapa area seperti pengelasan sepenuhnya otomatis dan dilakukan oleh lebih dari 300 robot.

Faktanya, campur tangan manusia dalam proses produksi di pabrik yang luasnya sekitar 130 hektar ini masih terbatas, ujarnya.

Pabrik Zeekr memiliki lini produksi gigacast L4 pertama di dunia. Proses pengecoran, pencetakan, pengelasan, pengecatan, dan penyelesaian lebih baik dipantau melalui jaringan 5G dan data besar.

Baca juga: Mazda Buka Diler Pertama di Kalimantan Selatan

Seluruh proses produksi di pabrik dapat terpantau dengan baik, ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top