Ini Karakter Konsumen Motor Bebek

MEDAN, virprom.com – Yamaha masih menjadi pabrikan yang menjual produk lengkap kepada konsumen. Modelnya beragam, mulai dari sepeda motor matic entry level, sepeda motor matic klasik, hingga sepeda motor matic berukuran besar. Jadi jangan lupa, masih ada sepeda sport, off-road, dan bebek.

Meskipun demikian, permintaan moped kini jauh lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jonny Lai, GM Marketing dan Promotion PT Alpha Scorpio (dealer utama Yamaha di Sumut) mengatakan penjualan sepeda motor akan terus tumbuh seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Kisah Seorang Ibu yang Setia Gunakan Daihatsu Xenia Generasi Pertama

“Kalau di kota yang banyak orangnya pakai matic, pasti orangnya lebih suka pakai matic. Tapi di luar, seperti di perkebunan, masih ada moped,” kata Joni, baru-baru ini kepada virprom.com.

“Lainnya (tim balap), kami masih menggunakan MX-King dan Jupiter Z1 untuk balapan. Dukungannya masih ada, tapi tidak sebesar tipe lainnya,” ujarnya.

Berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), penjualan sepeda motor pada Januari-Juni 2024 mencapai 3.170.994 unit.

Baca juga: Daihatsu Rekan Max Mejeng di Solo, Lebih Murah dari NMAX Turbo

Dari jumlah tersebut, sepeda motor menyumbang 5,04 persen, naik dari sebelumnya 4,95 persen.

Selain itu, penjualan skutik masih mendominasi penjualan pada Juni 2024 dengan komposisi 90,36 persen. Sedangkan sepeda motor sport turun tipis menjadi 4,60 persen dari sebelumnya 4,71 persen.

“Di Medan setidaknya sama (data AISI), karena di empat provinsi ini (Aceh, Sumut, Riau, dan Kepri) juga banyak perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit,” ujarnya June.

Sebagai informasi, dalam situs resminya, Yamaha masih menawarkan motor MX King dengan harga Rp 26,625 juta. Jadi Jupiter Z1 dibanderol Rp 20,490 juta, dan Vega Force ditawarkan Rp 18,275 juta. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top