Cengkeraman Kuat Koalisi Indonesia Maju di Jakarta dan Jabar, demi Apa?

 

JAKARTA, virprom.com – Koalisi Indonesia Maju (KIM) nampaknya mendapat tantangan terkait pemilu di Jakarta dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat.

Meski demikian, sejumlah petinggi partai politik (parpol) yang tergabung dalam KIM memastikan partai bentukan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini akan tetap kokoh menghadapi Pilkada 2024.

Namun terdapat perbedaan mengenai pencalonan calon kepala daerah pada Pilkada Banten. Partai Golkar dan Gerindra nampaknya akan saling berhadapan karena Gerindra tak ingin Ketua DPD Gerindra Banten Adra Soni menjadi calon wakil gubernur dari kader Golkar Airin Rachmi Diany.

Oleh karena itu, Gerindra membentuk poros konflik yakni Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten.

Baca Juga: Titik Temu Golkar-Gerindra: Dukungan Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar, Ridwan Kamil OTW Jakarta

Ketua Dewan Pertimbangan Badan Penerus Partai Golkar (Bappilu) Idrus Marham, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Demokrat membantah KIM berpisah.

Menurut Idrus Marham, KIM sebenarnya dipersiapkan sebagai aliansi permanen atau kemitraan jangka panjang di masa depan.

Oleh karena itu, Koalisi Indonesia Maju mempunyai visi dan kerja yang jauh ke depan yaitu tahun 2045 dan karena berkembangnya koalisi ini maka inilah Koalisi Indonesia yang tiada habisnya, kata Idrus di Indonesia. konferensi pers. di kawasan Matraman, Jakarta Timur pada 25 Juli 2024.

Bahkan, Airlangga baru-baru ini mengeluarkan ultimatum agar tidak ada pihak yang mencoba mengganggu kekuatan aliansi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

“Jangan sampai ada kelompok yang ingin mengganggu stabilitas dan hubungan baik antar kelompok di Koalisi Maju Indonesia,” kata Airlangga pada 2 Agustus 2024.

Baca juga: PAN Sebut Dukungan Jakarta dan Jabar Calon Gubernur Akan Diputuskan Ketua Umum di KIM

Selain itu, kata Airlangga, KIM juga bertekad memenangkan Pilkada 2024. Ia berharap KIM bisa menguasai Pilkada 2024.

“Kami akan memantau kader Koalisi Koalisi Indonesia Maju di pilkada dan berharap mereka bisa mengontrol pilkada nanti,” kata Menko Perekonomian.

Ketangguhan KIM ditunjukkan dengan mendukung duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Setidaknya lima kelompok anggota KIM telah memberikan surat rekomendasi kepada Khofifah-Emil Dardak untuk kembali memimpin di Jatim. Kelimanya adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Baca juga: Pilkada Jakarta, Pengamat: Pilihannya terbilang rumit, apalagi KIM berusaha mendapatkan pijakan di Jakarta dan Jawa Barat.

Namun, koalisi KIM tampaknya menghadapi sedikit tantangan dalam hal terpilih dalam pemilu daerah di Jakarta dan Jawa Barat.

Kurang dari sebulan menjelang pembukaan pendaftaran calon pendahuluan daerah pada 27 Agustus 2024, KIM belum merilis nama-nama rekan sejawat yang bakal dicalonkan pada Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

Meski baru-baru ini Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan dukungan partainya terhadap kader Partai Gerindra Dedi Mulyadi sebagai calon gubernur (cagub) yang akan diusung di Jawa Barat.

“Kita lanjutkan ke pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Golkar, dan DPD Gerindra. Lalu ada pertemuan antara calon Gubernur Jawa Barat Dedi Umninawa ka Mulyadi dan Pengurus Golkar, termasuk Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar, jadi pembahasannya sampai di situ, ”kata Airlangga saat ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, 2 Agustus 2024.

Baca juga: Ridwan Kamil-Dedi Mulyadi Agak Sulit Dijabarkan di Pilkada Jabar.

Keputusan Golkar ini terbilang mengejutkan karena sebelumnya para petinggi klub bermerk pohon beringin itu menegaskan masih menginginkan bosnya Ridwan Kamil memimpin Jawa Barat. Meski diketahui banyak kelompok KIM yang menginginkan Ridwan Kamil bersaing di Pilkada Jakarta, untuk menghadapi Anies Baswedan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top