Jokowi Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Iran Masoud Pezeshkian

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Masoud Pezeshkiyan sebagai Presiden Republik Islam Iran menggantikan Ibrahim Raisi yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden pada Selasa malam (09/07/2024) melalui akun media sosial resminya X @jokowi.

Hari ini, Rabu (7/10/2024), Jokowi mengucapkan selamat atas terpilihnya Masoud Pezeshkiyan sebagai Presiden ke-9 Republik Islam Iran.

Presiden Jokowi juga meyakini hubungan Indonesia dan Iran akan terus membaik di bawah kepemimpinan Pezeshki. Khususnya untuk kemitraan kesehatan. 

Jokowi juga mengatakan, “Saya yakin di bawah kepemimpinan Pezeshki, kerja sama Indonesia-Iran, termasuk di bidang kesehatan, akan semakin berkembang dan Iran dapat meningkatkan kontribusinya terhadap perdamaian dunia.”

Seperti diberitakan, Masoud Pezeshkiyan terpilih sebagai presiden baru Iran pada Jumat (7/5/2024) setelah mengalahkan lawannya Said Jalili dari partai konservatif. Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas terpilihnya Masoud Pezeshkiyan sebagai Presiden ke-9 Republik Islam Iran. Saya yakin di bawah kepemimpinan Presiden Pezeshkian, kerja sama Indonesia-Iran, termasuk di bidang kesehatan, akan semakin berkembang dan Iran dapat meningkatkan kontribusinya terhadap perdamaian dunia… — Joko Widodo (@jokowi) 9 Juli 2024

Masoud Pezeshkiyan adalah satu dari enam kandidat yang disetujui oleh Dewan Wali Iran untuk menjadi presiden setelah kematian Presiden Ibrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter pada Mei 2024.

Pezeshki meraih sekitar 42,5 persen suara pada pemilu putaran pertama, Jumat (28/6/2024). Namun, ia tidak mampu meraih suara lebih dari 50 persen sehingga pemilu dilanjutkan pada putaran kedua pada Jumat (5/07/2024). Melawan Seyid Jalili, ia memperoleh 38,7% suara.

Masoud Pezeshkiyan adalah seorang ahli bedah jantung dan politisi reformis Iran.

Lahir di Mehabad, pria ini memperoleh gelar kedokterannya setelah menyelesaikan studinya di Universitas Tabriz dan Universitas Ilmu Kedokteran Iran. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top