Ukraina Serang Depot Minyak yang Dikendalikan Rusia

KYIV, virprom.com – Pasukan Ukraina pada Senin (7/10/2024) merebut terminal minyak di semenanjung Krimea dari Rusia pada tahun 2014.

Fasilitas atau pelabuhan minyak adalah salah satu fasilitas energi yang diatur oleh Rusia.

Ukraina diketahui menyerang pasukan Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Putin: Rusia Akan Mencapai Semua Tujuannya di Ukraina

Tujuannya adalah untuk mengurangi pendapatan Moskow dan mendukung invasinya, yang kini memasuki tahun ketiga.

“Pada malam hari, serangan yang berhasil terhadap musuh terjadi selama evakuasi terminal minyak di Feodosia yang diduduki sementara di Krimea,” kata militer Ukraina dalam sebuah postingan di media sosial.

Pejabat Rusia yang berbasis di Krimea mengatakan kebakaran terjadi di terminal minyak di pelabuhan Ponte Euxine, yang menampung sekitar 70.000 orang, dan tidak ada korban jiwa.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 12 serangan pesawat tak berawak Ukraina jatuh ke semenanjung itu semalam, dengan total 21 serangan diarahkan ke Kyiv.

“Feodosia adalah terminal terbesar di Krimea untuk pengangkutan produk minyak, yang antara lain digunakan untuk kebutuhan tentara Rusia yang diduduki,” kata militer Ukraina seperti dikutip AFP.

Menurut Ukraina, serangan tersebut merupakan pembalasan atas serangan Rusia terhadap infrastruktur industrinya, yang membuat jutaan orang berada dalam kegelapan.

Sementara itu, para pejabat Ukraina mengatakan tiga warga sipil tewas dalam serangan udara Rusia semalam.

Ketiganya adalah dua bersaudara berusia 35 dan 38 tahun dari wilayah Sumy timur dan seorang wanita berusia 61 tahun dari wilayah Kherson selatan.

Baca Juga: Mantan Menteri Singapura Tak Akan Banding Atas Nama Keluarganya

Pasukan Rusia meluncurkan beberapa rudal dan puluhan drone ke Ukraina dalam semalam. Dua rudal ditembakkan di atas dan yang ketiga meledak di dekat lapangan terbang di wilayah tengah Khmelnytskyi. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda akses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top